Tanda-Tanda Sapi Birahi (Estrus)

By On Sabtu, September 23rd, 2017 Categories : Sapi, Tips Ternak

Tanda-Tanda Sapi Birahi (Estrus) – Pengertian estrus atau dikenal dengan birahi adalah salah satu keadaan dimana ternak indukan sapi betina sudah meminta indukan sapi jantan untuk mengawininya. Menurut istilah estrus ini dikenal dengan sebutan “Heat”  yang berarti indukan sapi betina sudah aktif dalam fase reproduksi dan sudah siap untuk dikawinkan.

Siklus estrus ini memang harus diketahui oleh peternak, dikarenakan ternak yang ingin kawin harus segera dikawinkan agar siklus tersebut tidak terlambat. Proses perkawinan bisa dilakukan dengan kawin secara alami maupun buatan, seperti kawin suntik (inseminasi buatan) dan transfer embrio (TE). Ada beberapa ciri-ciri sapi birahi (estrus) yang harus diketahui oleh peternak sapi, sebelum mengawinkannya.

Ciri-Ciri Sapi Birahi (Estrus)

  1. Indukan sapi betina, gelisah dan mondar-mandir.
  2. Indukan sapi betina, terkadang mau menaiki sesama indukan betina.
  3. Indukan sapi betina, selalu berteriak atau mengeluarkan suara.
  4. Nafsu makan indukan betina menurun.
  5. Bagian organ reproduksi/vulva berwarna merah, bengkak, dan terasa hangat bila disentuh/diraba. Istilah tersebut dikenal dengan 3 A yaitu Abang, anget dan abuh.
  6. Organ reproduksi juga mengeluarkan lendir berwarna bening, dan lengket.
  7. Jika di PKB atau palpasi bagian uterus akan mengalami kontraksi mengeras, tegang dan permukaan tidak rata.
  8. Adapun bagian servik pada ovarium terdapat folikel de graaf yang membesar dan menandakan bahwa sudah siap kawin/sel telur sudah matang.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Tanda-Tanda Sapi Birahi (Estrus). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Tanda-Tanda Sapi Birahi (Estrus) | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99