Sistem Pencernaan Kuda dan Fungsinya

By On Selasa, Juli 17th, 2018 Categories : Peternakan, Sistem Pencernaan, Ternak Nonruminansia

Sistem Pencernaan Kuda dan Fungsinya – Kuda atau memiliki nama latin Equus caballus/ Equus jerus caballus adalah jenis hewan mamalia yang termasuk  herbivora (pemakan rerumputan). Kuda juga termasuk kedalam golongan ternak non ruminansia atau hewan monogastrik yang memiliki satu lambung.

 

Baca: Cara Mengobati Kembung (Masuk Angin) Pada Kelinci

Kuda umumnya digunakan sebagai hewan peliharaan, alat transportasi, perlombaan dan lain-lain. Ada beberapa saluran pencernaan kuda diantaranya adalah rongga mulut/mulut, pharynx, esphagus, lambung, pankreas, usus halus, usus besar, dan anus.

Sistem Pencernaan Kudan dan Fungsinya

1. Rongga Mulut

Rongga mulut adalah bagian awal masuknya makanan ke pencernaan. Didalam rongga mulut terdapat lidah, gigi, dan saliva. Fungsi utama dari organ tersebut, sebagai perasa pakan, menghaluskan pakan, dan pemnasa atau pelicin pakan.

2. Pharynx dan Esophagus

Pharynx adalah organ penyambung saluran pencernaan antara rongga mulut dengan kerongkongan (esophagus). Panjang keronkongan kuda 62 cm, lebar lambung 4,5 cm dan berat lambung 0,6-0,7 kg. Fungsi utamanya adalah mengangkut makanan dan cairan dari faring ke lambung, mencepah difusi pasif zat dari makanan ke dalam darah dan mencegah refluks isi lambung ke kerongkongan.

3. Lambung

Lambung kuda berbentuk seperti parutan kelapa, isi lambung berwarna kuning dengan tekstur kasar. Lambung kuda berukuran relatif kecil jika dibandingkan denga hewan ruminansia dengan panjang 38,5 cm, lebar 28 cm dan berat 1 kg. Fungsi utama lambung adalah tempat penyimpanan makanan sementara, cadangan makanan dan tempat fermentatif.

5. Pankreas

Pankreas kuda lebih spesifik memiliki kosentrasi enzim dan kadar HCO3 rendah,oleh sebab itu pankreas kuda sangat berbeda dengan hewan ruminansia. Fungsi utama pankreas adalah membantu memecah polimer hati, lemak dan protein (misalnya amylase, lipase dan tripsin).

6. Usus Halus

Usus halus (usus kecil)kuda memiliki panjang 11,33 cm, lebar 6 cm dan berat 3-3,5 kg. Usus halus terdiri dari tiga bagian, yaitu duedenum (berfungsi sebagai memecahkan makan secara kimiawi), jejenum (berfungsi sebagai penyerapan nutrisi makanan) dan ileum (berfungsi penyerapan makanan yang belum diserap). Fungsi utama usus halus adalah tempat mencerna kabohidrat, protein, dan lemak, absorbsi vitamin dan mineral.

7. Usus Besar

Usus besar kuda umumnya memiliki panjang 165 cm, lebar 14,5 cm dengan tekstur lembut dan kering serta berwarna hijua tua. Usus besar terdiri dari tiga bagian yaitu caecum (berfungsi sebagai tempat fermentasi), colon (berfungsi sebagai tempat absobsi air dan elektrolit intensif), dan rectum (berfungsi sebagai tempat pembentukan feses dan tempat penyimpanan sementara sebelum dikeluarkan oleh anus )

8. Anus

Anus adalah organ terakhir dalam sistem pencernaan, sisa semua makanan yang dicerna dan diserap akan dikeluarkan melalui anus. Fungsi utama anus adalah tempat pembuangan feses, dan tempat defekasi.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Sistem Pencernaan Kuda dan Fungsinya. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Sistem Pencernaan Kuda dan Fungsinya | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99