Sistem Pencernaan Kucing dan Fungsinya

By On Jumat, Juli 13th, 2018 Categories : Kucing

Sistem Pencernaan Kucing dan Fungsinya – Kucing adalah salah satu peliharaan yang banyak di temukan dan ditemukan di berbagai macam kalangan masyarat. Hal tersebut karena keunikan kucing, terutamnya memiliki sifat yang mudah dijinakan, memiliki warna beragam dan bervariasi, bulu halus dan lembut serta mudah dikembangbiakan.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Ikan Nilem (Ostheochillus vittatus)

Kucing memiliki organ pencernaan yaitu, mulut, kerongkongan, perut, usus halus, rektum dam anus.Berikut penjelasan sistem pencernaan kucing dan fungsi organ pencernaan.

Sistem Pencernaan Kucing dan Fungsiny

1. Mulut

Mulut adalah organ pertama dalam sistem pencernaan, dan awal masuknya makanan. Didalam mulut kucing terdapat 12 gigi seri kecil dibagian depan, 10 gigi taring dan 10 gigi geraham depan dan memiliki lidah. Fungsi utama mulut adalah sebagai tempat untuk menggiling makanan dan melumas makanan hingga bentuk menjadi mudah dicerna.

2. Kerongkongan

Kerongkongan (Esophagus) adalah organ penyalur atau penghubung antara mulut dengan organ lambung, berbentuk seperti selang kecil. Fungsi utama organ kerongkongan digunakan sebagai tempat saluran makanan dari mulut menuju organ lambung.

3. Perut

Perut (stomach) adalah organ tempat penyimpanan makanan, dengan struktur dalam berbentuk lipatan. Fungsi utama organ perut digunakan sebagai membantu proses pengelolahan makanan dan mencerna makanan.

4. Usus Halus

Usus halus (Small instestine) atau usus kecil adalah organ bagian terpanjang dalam sistem pencernaan. Usus halus terbagi menjadi 3 yaitu: dudenum (usus yang menempel pada perut), jejenum (usus bagian tengah dan terpanjang), dan ileum (usus terpendek dan sebagai penghubung usus halus dan usus besar). Fungsi utama organ usus halus digunakan sebagai proses penceranaan dan penyerapan nutrisi makanan.

5. Usus Besar

Usus besar (Large instestine) adalah organ yang dikenal sebagai penghubung antara usus halus dan anus. Fungsi utama organ usus besar digunakan sebagai penyerapan air dari tinja dan sebagaian penyimpanan kotoron yang akan dikeluarkan.

6. Rektum dan Anus

Rektum dan Anus adalah organ terakhir didalam sistem pencernaan kucing. Fungsi rektum dalah sebagai tempat penyimpanan sementara bagi kotoran sebelum dieliminasi dari tubuh melalui anus. Fungsi utama anus digunakan sebagai proses defekasi, dan mengatur keluarnya kotoran.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Sistem Pencernaan Kucing dan Fungsinya. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Sistem Pencernaan Kucing dan Fungsinya | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99