Sistem Pencernaan Kelinci Beserta Fungsinya

By On Selasa, Oktober 31st, 2017 Categories : Pengertian & Defenisi, Peternakan

Sistem Pencernaan Kelinci Beserta Fungsinya | Organ Pencernaan Kelinci – Pengertian pencernaan adalah salah satu proses dimana makan diolah didalam organ-organ tertentu dan diserap kandungan nutrisi dan sisa makanan dibuang melalui anus.

Adapun defenisi pencernaan secara umum adalah proses mengubah makanan dan menyerap sari makanan, berupa kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan juga memecah molekul makanan yang komplek menjadi molekul sederhana dengan bantuan enzim sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Baca: Pengendalian Hama dan Penyakit Kelinci

Sistem Pencernaan Kelinci (Non Ruminansia)

Ada beberapa urutan sistem pencernaan kelinci berdasarkan proses pencernaannya, diantara adalah sebagai berikut:

1. Mulut

Fungsi Mulut pada sistem pencernaan kelinci adalah untuk memecah pakan menjadi partikel-pertikel kecil dan dibantu dengan saliva yang mengandung enzim amilase yang akan megubah pati makanan menjadi maltosa sehingga mudah di telan. Proses pengunyahan dimulut kelinci berkisar 300 kali dan mencampurkannya dengan salivanya.

2. Oesophagus (Kerongkongan)

Oesophagus adalah lanjutan dari pharing dan masuk ke dalam cavum abdominale dan bermuara pada bagian ventriculus (Anonimous, 1990). Fungsi oesophagus adalah untuk membawa makanan, cairan dan air liur dari mulut menuju kelambung kelinci.

3. Ventriculus (Lambung)

Ventriculus pada kelinci terdiri dari 3 bagian yaitu bagian awal (kardia), bagian tengah (fundus) dan bagian akhir (pilorus). Fungsi utama ventriculus adalah tempat penyimpanan makanan sementara, tempat mensekresikan dinding lambing menjadi getah lambung terdiri dari air, garam, anorganik, mucus, HCL, pepsinogen dan vitamin B12 serta tempat sterilisasi sebelum makanan dipindahkan menuju usus halus.

4. Usus Halus

Usus halus terdiri dari 3 bagian yaitu duodenum, jejenum dan ileum.

  • Duedenum adalah bagian pertama dari usus halus, fungsi duedenum untuk memecahkan lemak dalam makanan dan menerima semua makanan yang dipindahkan.
  • Jejenum sebagian besar berfungsi untuk menyerap nutrisi yang di pindahkan dari duedenum.
  • Ileum adalah bagian terpanjang dariusus halus dan berfungisi untuk menyerap vitamin B12 dan tempat pemprosesan terakhir dari karbohidrat dan protein.

5. Cecum  (Sekum)

Fungsi utama dari sekum adalah untuk menyerap cairan dan garam yang masih tersisa setelah selesai dari pencernaan usus dan penyerapan dan untuk mencampurkan isinya dengan pelumas, berlendir. Sekum terletak di kuadran kanan bawah perut.

6. Intestinum crassum (Usus Besar)

Usus besar sering disebut colon, usus besar berfungsi sebagai tempang pembuangan air besar, tempat penyerapam air dan bagian terbesar dari sisrem gastrointestinal yang dilewati makanan sebelum mencapai anus.

7. Rectum

Rectum adalah tempat bagian akhir, proses pencernaan sebelum ke anus. Rectum memiliki panjang berkisar 2-3 inchi dan didalamnua terdapat anal canal sphincter yang menghubungkan organ rectum dengan anus.

8. Anus

Anus adalah tempat pembuangan sisa makanan yang tidak dicernan leh tubuh, sisa-sisa makanan tersebut akan dibuang melalui anus yang akan menjadi kotoran atau sering dikenal dengans sebutan feses.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Sistem Pencernaan Kelinci Beserta Fungsinya. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Sistem Pencernaan Kelinci Beserta Fungsinya | ilmupeternakan | 4.5