Pengertian Pakan, Bahan Pakan, Ransum, Konsentrat dan Zat Additif

By On Sabtu, Oktober 28th, 2017 Categories : Pengertian & Defenisi

Pengertian Pakan, Bahan Pakan, Ransum, Konsentrat dan Zat Additif – Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai defenisi pakan, bahan pakan, ransum, konsentrat dan zat additif menurut para ahli dan secara umumnya. Berikut simak berikut penjelasannya:

1. Pakan

Pengertian pakan atau feed adalah semua bahan yang di proleh di berbagai media, bisa dikonsumsi oleh hewan atau ternak dan tidak mengandung toksit (racun). Pengertian pakan secara umum adalah semua bahan yang digunakan untuk ternak mencakup kuantitatif, kualitatif, kontinuitas dan keseimbangan zat pakan yang terkandung didalamnya.

2. Bahan Pakan

Pengertian Bahan Pakan adalah semua bahan pakan yang dapat bisa dikonsumsi oleh ternak baik berupa bahan organik ataupun anorganik yang tidak tidak menganggu kesehatan ternak.

Bahan pakan yang mengandung bahan organik terkandung didalamnya, seperti protein, lemak, serat kasar, dan bahan ekstrak tanpa nitrogen, sedangkan bahan anorganik terkandung didalamnya, seperti kalsium, phospor, magnesium, kalium, nitrogen, vitamin dan mineral.

3. Ransum

Pengertian ransum adalah semua berbagai jenis bahan yang sudah disusun dan dihitung berdasarkan kebutuhan industri dan energi yang diperlukan. Ransum terdiri dari 3 jenis yaitu mash, pellet dan crumble.

  • Mash adalah bentuk ransum yang paling sederhana yang sudah menjadi tepung dan granula.
  • Pellet adalah ransum yang sudah diolah dan dihitung berdasarkan komposisi menggunakan mesin pellet (pelletizer) untuk mengurangi loss nutrisi dalam bentuk yang lebih utuh, berbentuk bulat panjang.
  • Crumble adalah ransum lanjutan dari pellet berbentuk pecah/butiran yang digunakan untuk unggas seperti ayam broiler.

4. Konsentrat

Pengertian konsentrat adalah suatu bahan yang digunakan bersama bahan pakan lain yang dicampurkan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan keseimbangan gizi dari seluruh bahan yang digunakan atau dikenal sebagai pakan pelengkap.

Kosentrat terbagi menjadi 2 jenis yaitu konsentrat sebagai sumber energi dan kosentrat sebagai sumber protein. Konsentrat sebagai sumber energi, misalnya tepung ikan, tepung susu, tepung tulang, tepung darah, tepung bulu dan tepung cacing, sedangkan konsentrat sebagai sumber protein, misalnya tepug kedalai, tepung biji kapuk, tepung bunga matahari, bungkil wijen, bungkil kelapa dan sebagainya.

5. Zat Additif

Pengertian zat additif adalah suatu zat yang ditambahkan dalam jumlah relatif sedikit, dan diperlukan untuk melengkapi ransum yang disusun. Zat additif biasanya berfungsi sebagai penambah aroma, citra rasa, asam amino/campuran asam amino dan vitamin mix.

Baca Juga:

 

Demikianlah informasi tentang Pengertian Pakan, Bahan Pakan, Ransum, Konsentrat dan Zat Additif. semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian Pakan, Bahan Pakan, Ransum, Konsentrat dan Zat Additif | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99