Pengertian Ilmu Pemuliaan Ternak

By On Senin, Februari 12th, 2018 Categories : Pengertian & Defenisi, Peternakan

Pengertian Ilmu Pemuliaan TernakPemuliaan berasal dari terjemahan Belanda, yaitu Veredeling. Dalam bahasa Inggris, yaitu breeding. Pengertian pemulian secara umum adalah salah satu kegiatan manusia dalam memelihara tanaman atau hewan untuk melindungi sifat asli galur atau ras dan memperbaiki produksi ataupun kualitasnya.

Defenisi pemuliaan ternak adalah cabang ilmu biologi, genetika terapan dan metode untuk meningkatkan atau memperbaiki genetik ternak. Pemuliaan dapat diartikan sebagai untuk meningkatkan mutu genetik, mutu genetik ini adalah kemampuan sifat yang diwariskan dari tetua dan moyang dari ternak tersebut.

Jenis- Jenis Pemuliaan Ternak

Pemuliaan ternak dapat dibagi menjadi 3 bagian , yaitu Inseminasi Buatan (IB), Transfer Embrio (TE) dan Cloning.

1. Inseminasi Buatan (IB)

Inseminasi buatan atau kawin suntik merupakan salah satu cara perkawinan buatan dengan cara memasukan semen jantan ke organ reproduksi betina dengan bantuan alat dan manusia.

Tujuan inseminasi buatan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas genetik ternak, meningkatkan produksi dan kelahiran serta menciptakan ternak unggulan.

2. Tranfer Embrio (TE)

Transfer embrio adalah lanjutan dari inseminasi buatan, transfer embrio dikenal dengan genetic manipulation adalah salah satu teknik dimana embrio dikoleksi dari alat kelamin ternak betina menjelang nidasi dan transplantasi kedalam saluran reproduksi betina untuk melanjutkan kebuntingan hingg sempurna.

Tujuan transfer embrio adalah meningkatkan kapasitas reproduksi ternak yang unggulan dan berharga, dan membantu meningkatkan ternak yang dihasilkan.

3. Cloning

Cloning adalah salah satu metode menirukan atau mengcopy sifat asli indukan dan ciri-ciri yang dimiliki indukannya. Atau cloning disebut juga mengandakan sifat asli atau ciri yang dimiliki oleh ternak tersebut sama persis.

Tujuan cloning sebenarnya untuk menirukan atau menciptakan hewan dalam bentuk, ciri dan sifat yang sama dari suatu ternak.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Ilmu Pemuliaan Ternak. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian Ilmu Pemuliaan Ternak | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99