Pengertian dan Defenisi Transfer Embrio Pada Ternak

By On Rabu, Oktober 25th, 2017 Categories : Domba, Kambing, Peternakan

Pengertian dan Defenisi Transfer Embrio Pada Ternak | Transfer Embrio Sapi/Kambing/domba – Pengertian transfer embrio adalah generasi kedua bioteknologi reproduksi setelah inseminasi buatan (IB). Transfer embrio merupajan salah satu proses dimana embrio (fertilized ova) dikoleksi dari alat kemanm ternak betina menjelang nidasi dan transplantasi kedalam saluran reproduksi betina lain untuk melanjutkan kebuntingan hingga sempurna, misalnya seperti konsepsi, implantasi/nidasi dan kelahiran.

Pengertian transfer embrio secara umum adalah suatu proses, mulai dari pemilihan donor, sinkronisasi birahi, superovulasi, inseminasi, koleksi embrio, penangganan dan evaluasi embrio, tranfers embrio ke ke resipien hingga sampai pemeriksaan kebuntingan dan kelahiran.

Baca: Pengertian dan Defenisi Inseminasi Buatan (IB) Pada Hewan

Transfer embrio diproduksi dapat dilakukan dua cara yaitu secara in vivo dan in vitro, adalah sebagai berikut:

1.Teknik In Vivo

Hewan betina donor akan menjalani superovulasi, yakni penyuntkan hormon gonadotropin (FSH, PMSG/CG atau HMG) berguna untuk mengandakan produksi sel telur. Sel telur yang diovulasi tersebut, akan mengalami pembuahan dan perkembangan menjadi embrio lalu ditampung atau dikoleksi untuk ditransfer pada betina resipien.

Kemudian, embrio dapat dibekukan atau dimanipulasi guna menghasilkan kembar identik/meningkatkan mutu genetik.

2.Teknik In Vitro

Pada teknik ini, sumber sel telur umumnya berasal dari ovarium yang berasal dari hewan yang telah dipotong. Dari beberapa penelitian limbah rumah potong hewan (RPH), juga dapat gunakan dalam teknik ini. Namun, bisa juga menggunakan teknik ini dengan bantuan alat ultrasonografi teknik “ ovum pick up” berguna untuk menyediakan oosit ternak unggil yang masih produktif tanpa harus menggunakan ternak yang sudah dipotong.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian dan Defenisi Transfer Embrio Ternak Sapi, Kambing dan Domba. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih

Pengertian dan Defenisi Transfer Embrio Pada Ternak | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99