Klasifikasi dan Morfologi Lebah Madu (Apis sp)

By On Sabtu, September 29th, 2018 Categories : Klasifikasi & Morfologi, Peternakan

Klasifikasi dan Morfologi Lebah Madu (Apis sp)  Lebah madu merupakan salah satu jenis lebah penghasil madu sejati, lebah madu termasuk serangga bersayap yang hidupnya secara berkelompok atau berkoloni. Lebah madu masih dalam keluarga Apidae, dengan ordo Hymenopera dan genus Apis.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Mencit (Mus musculus)

Lebah madu memiliki genus, sekitar 20.000 spesies yang ada. Namun hanya sekitar 44 subspesies yang masih dikenal oleh beberapa kalangan.

Klasifikasi Lebah Madu

Secara umum, klasifikasi lebah madu berdasarkan taksonomi sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Filum: Arthropoda

Kelas: Insecta

Ordo: Hymenoptera

Famili: Apidae

Genus: Apis

Spesies: Apis andreniformis, apis cerana (Lebah madu timur), Apis dorsata (Lebah madu raksasa), Apis florea (Lebah madu kerdil), Apis koshevniko (Lebah asal Kalimantan), Apis mellifera (Lebah madu barat) dan Apis nigrocincta (Lebah asal Sulewesi).

Morfologi Lebah Madu

Morfologi lebah madu, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki sebagai berikut:

  • Kepala (Caput), berbentuk segitiga berfungsi untuk mengemban organ mata, antena dan mulut.
  • Mata lebah terdiri dari dua macam yaitu mata majemuk (Compound eyes), berfungsi melihat jarak jauh dan mata sederhana (Ocelli), berfungsi melihat jarak dekat.
  • Memiliki antena dua buah, berfungsi sebagai peraba.
  • Memiliki mulut terdiri dari sepasang pemotong kertas (mandibula) dan lidah (probosa), berfungsi untuk menghisap cairan.
  • Dada (Thorax), sebagai pusat pergerakan, mengemban 3 pasanbg kaki dan 2 sayap dan terdiri memiliki 4 segmen yaitu dada depan (Prothorax), berfungsi menopang kaki utama, dada tengah (Mesothorax), berfunghsi menopang sepasang kaki tengah dan sepasang sayap, dada belakang (Metathorax), berfungsi menopang kaki belakang, dan sepsang sayap dan Propoum adalah bagian belakang dada.
  • Perut (Abdomen), berbentuk bulat memanjang, dengan warna kombinasi hitam kuning atau kombinasi lain tergantung spesiesnya. Fungsi untuk membantu mensirkulasi darah dan oksigen kesuluruh tubuh serta tempat kelenjar-kelenjar seperti kelenjar malam, kelenjar bau, dan kelenjar racun.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Lebah Madu (Apis sp). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Klasifikasi dan Morfologi Lebah Madu (Apis sp) | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99