Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal

By On Jumat, April 21st, 2017 Categories : Ikan, Klasifikasi dan Morfologi

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal  – Postingan kali ini admin ilmupeternakan.web.id akan berbagi informasi mengenai beberapa istilah nama latin ikan bawal, nama ilmiah ikan bawal, klasifikasi ikan bawal dan morfologi ikan bawal. Berikut Penjelasannya.

A. Pengertian Ikan Bawal

Ikan bawal adalah salah satu ikan lokal yang banyak ditemukan di Indonesia yang memiliki nama ilmiah Colossoma macropomum. Ikan bawal ini masih dalam jenis keluarga Charasidae, dengan kelas Actinopterygii yang dapat hidup diair tawar dan juga dapat hidup diair laut.

Ikan bawal memiliki nama sebutan yang sangat beragam tergantung dengan daerah masing-masingnya, terutamanya nama ikan bawal dipasar dagangan dikenal dengan sebutan Tamaqui, red belly pacu, gamitama dan cachama.

Baca: Ciri-Ciri Anak Ayam Bangkok Bagus dan Berkualitas

B. Klasifikasi Ikan Bawal

Berdasarkan tingkatan taksonomi ikan bawal dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Characiformes

Famili: Charasidae

Genus: Colossoma

Spesies: Colossoma macropomum

C. Morfologi Ikan Bawal

Ikan bawal memiliki bentuk fisik terlihat berbentuk pipih dari posisi berdiri, jika terlihat dari samping ikan bawal berbentuk oval/agak bulat. Ikan bawal memiliki bentuk mulut kecil yang terletak dibagian ujung kepala,  disertai dengan rahang yang berukuran pendek tetapi kuat dan memiliki gigi seri yang tajam.

Bagian kepala ikan bawal berbentuk bulat, dengan hidung yang cukup besar. Bagian seluruh tubuh memiliki sisik kecil-kecil dengan warna yang sangat beragam mulai dari putih, kekuningan dan lain sebagainya.

Bagian sirip pada ikan terletak di bawah tutup insang, sementara bagian sirip dubur dan sirip perut terpisah. Bagian punggung ikan bawal berwarna kekuningan hingga kemerahan, sedangkan pada bagian perut berwarna putih keperaka hingga berwarna kemerahan.

Bagian terakhir yaitu bagian ekor ikan bawal berbentuk segitiga atau membulan dengan bagian ujung agak runcing dengan warna kemerahan, keperakan dan berwarna putih.

Baca Juga: 

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal semoga berguna dan Bermanfaat. Terima Kasih.

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99