Klasifikasi dan Morfologi Burung Kenari (Serinus canaria)

By On Rabu, Oktober 24th, 2018 Categories : Burung, Klasifikasi & Morfologi, Peternakan

Klasifikasi dan Morfologi Burung Kenari (Serinus canaria) Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki kicauan yang sangat menarik dan khas. Burung kenari termasuk kedalam suku Fringgillidae, ordo Passeriformes dan genus Serinus.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Pohon Angsana (Pterocarpus indicus)

Burung kenari pertama kali ditemukan oleh pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Penyebaran cukup cepat diberbagai negara, terutamanya negara Belanda dikenal dibagai pengekspor kenari di Indoensia, semulanya mendatangkan kenari dari Inggris dan belgia. Kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis kenari.

 Klasifikasi Burung Kenari

Klasifikasi burung kenari berdasarkan tingkat taksonomi adalah sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Passeriformes

Famili: Fringillidae

Genus: Serinus

Spesies: Serinus canaria (Linnaeusm, 1758)

Morfologi Burung Kenari

Morfologi burung kenari dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, yaitu:

  • Bagian mulut, burung kenari memiliki bentuk agak meruncing dengan panjang mencapai 0.5-1,5 cm tergantung dengan jenis atau spesiesnya dan berwarna variasi mulaui dari warna hitam, kekuningan dan bahkan berwarna kecoklatan.
  • Bagian mata, memiliki bentuk bulat, berwarna hitam dan tidak memiliki bintik putih di bagian tengah.
  • Bagian kepala, berbentuk bulat memanjang dan di selimuti oleh bulu dengan warna yang bervariasi mulai dari warna kuning, abu-abu dan berwarna putih.
  • Bagian badan, berbentuk memanjang dan panjangnya mencapai 4-6 cm, memiliki dua sayap yang diselimuti oleh bulu tebal dengan kuning.
  • Bagian ekor, berbentuk memanjang dengan pangkal agak runcing dengan panjang mencapai 1-3 cm biasanya memiliki warna kuning dan putih.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Burung Kenari (Serinus canaria) . Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Jangan lupa share dan like. Terima kasih.

 

Klasifikasi dan Morfologi Burung Kenari (Serinus canaria) | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99