Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Tepat

By On Rabu, Mei 31st, 2017 Categories : Kucing, Tips Ternak

Cara Merawat Kucing Anggora Dengan TepatKucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing yang paling banyak diminati oleh para pecinta kucing untuk dipelihara. Namun, bagi para pecinta kucing anggora yang sudah memelihara dalam waktu yang lama tentu sudah mengerti betapa susah dan merepotkannya memelihara kucing anggora yang menggemaskan ini. Pasti anda bagi para pemula yang ingin memulai memelihara kucing ini jadi merasa malas dan menjadi ingin memelihara kucing jenis lain yang mudah untuk dipelihara.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara merawat kucing anggora bagi anda para pecinta kucing anggora ini atau bagi anda yang masih pemula untuk memelihara kucing ini. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Baca: Cara Beternak Ikan Lele di Terpal

1. Menjaga kebersihan kucing anggora

Dalam memelihara kucing anggora, faktor yang penting adalah menjaga kebersihan kucing anggora. Yang pertama adalah mandikan kucing anggora dengan rutin dan jangan menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak dianjurkan untuk kucing. Pakailah shampoo dan sabun mandi khusus untuk kucing, karena jika menggunakan shampoo atau sabun untuk manusia dapat merusak keindahan bulu kucing.

Yang kedua, sisirlah bulu kucing setiap hari dengan tujuan untuk meluruskan bulu-bulu kucing dan menyingkirkan bulu-bulu yang telah mati agar bulu tidak menjadi kusut atau gimbal. Selain itu, bulu mati juga dapat menyebabkan hairball yaitu gumpalan bulu yang masuk ke dalam system pencernaan yang terjadi saat kucing menjilati badannya dan bulu mati tersebut masuk kedalam mulut kucing hingga tertelan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

2. Kebersihan kandang kucing anggora

Kebersihan kandang kucing anggora juga dapat mendukung faktor kesehatan kucing. Karena dengan kandang yang bersih, kucing akan terhindar dari bahaya penyakit bahkan dalam kondisi tertentu juga dapat membahayakan pemiliknya. Pembersihan kandang yang baik sebaiknya dilakukan dengan rutin, maksimal 3 minggu sekali dibersihkan atau jika ada jamur-jamur yang menempel di kandang segera bersihkan. Dan gunakan kandang yang berukuran sesuai dengan ukuran kucing.

3. Porsi makanan kucing anggora

Porsi makanan yang tepat dan ideal dapat menunjang pertumbuhan dan kesehatan kucing anggora. Jika kita memberikan makanan dengan gizi yang kurang atau berlebihan, maka berat badan kucing akan terganggu. Maka dari itu, berikan makanan khusus kucing anggora dengan takaran yang sesuai dengan umurnya tapi jangan berikan makanan kucing yang berkaleng, karena makanan kucing berkaleng tidak baik untuk kesehatan kucing dan dapat berpengaruh pada bulu dan umur kucing.

Untuk minumannya, anda bisa memberikan air minun yang sudah matang. Sesekali berikan susu namun jangan terlalu sering. Untuk pemberian susu, jangan anda berikan susu untuk manusia namun berikan susu khusus kucing seperti royal canin.

4. Pemeriksaan dan pemberian vaksin kucing anggora

Kucing anggora juga membutuhkan pemberian vaksin dan pemeriksaan kesehatan yang rutin seperti layaknya manusia. Biasanya, kucing diberikan vaksin saat umur 8-9 minggu. Namun, sebelum pemberian vaksin kita harus memperhatikan kesehatannya, jika kucing dalam keadaan kurang sehat sebaiknya pemberian vaksin ditunda terlebih dahulu hingga kucing benar-benar dalam keadaan sehat.

Pemberian vaksin bertujuan untuk memelihara daya tahan tubuh kucing akan virus. Dan jangan lupa periksakan kucing anda jika mengalami gangguan kesehatan kepada dokter hewan agar cepat ditangani dan tidak menularkan penyakit berbahaya seperti virus rabies kepada pemiliknya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Tepat. Semoga berguna dan bermanfaat bagi para pecinta kucing peliharaan. Terima Kasih.

Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Tepat | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99