Cara Mengobati Penyakit Orf Pada Kambing dan Domba

By On Selasa, November 28th, 2017 Categories : Domba, Kambing, Penyakit Ternak

Cara Mengobati Penyakit Orf Pada Kambing dan Domba – Penyakit orf atau Ektima kantagiosa adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus dari genus parapox dari keluarga poxviridae (Fauquest dan Mayo, 1991). Penyakit ini seraing menyerang ternak kambing dan domba, serta dapat menular ke manusia (zoonosis).

Di beberapa daerah Indonesia penyakit ini disebut berbeda-beda, terutamanya di Bali penyakit ini dikenal dengan dakangan, Sumatra Utara dikenal dengan puru atau muncung, Jawa Barat dikenal dengan bintumen.

Gejala Klinis Penyakit Orf Kambing dan Domba

Ada beberapa gejala yang akan ditimbulkan dari penyakit orf, umumnya adalah:

  • Lesi-lesi pada bagian sekitar bibir/mulut, terutamanya sudut bibir.
  • Munculnya bintik-bintik merah pada kulit kambing/domba.
  • Bintik-bintik merah berubah menjadi vesikel dan pustula (terjadinya penanahan).
  • Bila sudah akut, tonjolan-tonjolan akan berkerak dan berbau busuk.
  • Mulut akan menjadi bengkak disertai dengan bau busuk.
  • Bagian tubuh lain juga akan mengalami hal tersebut, terutamanya bagian hidung, sekitar mata, telinga, peru/lipatan perut, kaki, ambing, puting usus atau vulva (Abjid, 1989, dan Watt, 1983).

Cara Penularan Penyakit Orf Kambing dan domba

Penyakit orf dapat menular dari hewan yang sakit ke hewan lain secara kontak langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung penyakit ini akan menular melalui peralatan, atau lingkungan yang tercemar virus orf. Masuknya virus orf ini kedalam tubuh hewan melalaui luka kecil, seperti goresan yang terjadi akibat rumput yang tajam/duri atau luka karena proses mekanik lainnya (McKeever dkk.,1988).

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Orf

Ada beberapa cara mengatasi dan mengobati/memberantas penyakit orf, berdasarkan petunjuk Direktorat Kesehatan Hewan (1986) adalah sebagai berikut:

  1. Daerah yang masih bebas dari penyakit orf, dilakukan penolakan penyakit dan tindakan karantina yang ketat. Pemusnahan hewan yang sakit, apabila hewan masih sedikit yang terjangkit. Bisa dilakukan ring vaksinasi dan sanitasi, namun bisa sudah menyebar luas lakukan tindakan pemusnahan.
  2. Pada daerah tertular, lakukan tindakan pencegahan penyakit dengan cara sanitasi kandang dan lingkungan pemeliharaan, pencegahan pengembalaan hewan sehat bersama hewan sakit atau tempat bekas hewan penderita.
  3. Pengendalian penyakit pada daeraj tertular daat dilakukan dengan cara vaksinasi teratur, sedangkan hewan sakit dilakukan isolasi secara ketat dan terpisah dari hewan lainnya.
  4. Apabila penyakit bersifat wabah, maka lakukan tindakan lain terutamanya pembuatan papan dilarang masuk, karena penyakit menular. Lalu peralatan yang sudah terjangkit sebaiknya dilakukan pemusnahan dan tidak digunakan kembali.
  5. Khusus bagi peternakan pembibitan sebaiknya menggunakan daerah bebas penyakit orf/dakangan.
  6. Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan manual dan menggunakan obat-obatan, bila manual dapat dilakukan pengelupasan/pengerokan keropeng dan penyemprotan antibiotik/desinfeksi dengan menggunakan alcohol untuk mencegah perluasan dan penyebaran penyakit.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Mengobati Penyakit orf Kambing dan Domba.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Cara Mengobati Penyakit Orf Pada Kambing dan Domba | ilmupeternakan | 4.5

liga365.me

Memiliki permaianan yang beragam. Mudah di akses. Daftar sekarang

domino99

domino99

result sgp 2018

result sgp 2018
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99

liga365.me

Memiliki permaianan yang beragam. Mudah di akses. Daftar sekarang

domino99

domino99

result sgp 2018

result sgp 2018