Cara Mengobati Penyakit Kaki Bengkak Burung Kacer

By On Jumat, Februari 23rd, 2018 Categories : Burung, Penyakit Ternak

Cara Mengobati Penyakit Kaki Bengkak Burung KacerBurung kacer yang sakit tentunya akan sangat  merugikan bagi peternak. Karena burung kacer sakit akan juga menurunkan produksivitas yang di hasilkan, oleh sebab itu harus segera ditanggani dan di obati dengan cepat.

Salah satu kasus yang banyak terjadi, adalah kaki bengkak. Burung kacer yang terserang kaki bengkak cenderung akan sering mengangkat kakinya dan terdapat benjolan yang semakin lama membesar. Jika tidak diobati bukan hanya menurunkan produktivitas, akan juga mengakibatkan kematian pada burung kacer.

Penyebab Kaki Bengkak Burung Kacer

Ada beberapa penyebab kaki bengkak pada burung kacer, diantara adalah:

  • Kaki bengkak karena burung kacer terluka, misalnya terjepit, terkena peralatan dikandang, dan terlalu agresif (liar dikandang).
  • Kaki bengkak karena penyakit, misalnya penyaki bumble foot.
  • Kaki bengkak karena gigitan serangga, misalnya nyamuk, tawon, dsb.
  • Kaki bengkak karena pembuluh darah bengkak, sehingga urat di kaki akan menonjol dan mengakibatkan bengkak pada kaki.

Cara Mengobati Penyakit Kaki Bengkak Burung Kacer

  1. Kaki bengkak burung kacer disebabkan luka biasanya di obati dengan mengoleskan cairan antiseptik disekitar luka untuk mencegaj terjadinya infeksi.
  2. Kaki bengkak burung kacer disebabkan oleh penyakit, diobati dengan mengoleskan obat oles BirdCream pada bagian kaki yang bengkak, biasanya akan sembuh sekitar 4-7 hari.
  3. Kaki bengkak burung kacer disebabkan serangga (nyamuk), mengoleskan minyak kayu putih atau minyak tawon pada bagian yang bengkak.
  4. Kaki bengkak burung kacer disebabkan pembuluh darah bengkak, menggunakan kombinasi obat Dimethyl sulfoxile (DMSO), dan juga cream vitamin A, D digunakan untuk pengobatan kulit.
  5. Adapun obat lain yang dapat digunakan untuk mengobati kaki bengkak burung kacer, seperti Salep 88.
  6. Dan perendaman kaki bengkak burung kacer pada larutan air garam.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Mengobati Penyakit Kaki Bengkak Burung Kacer.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Cara Mengobati Penyakit Kaki Bengkak Burung Kacer | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99