Cara Mengobati Penyakit Cacingan (Pinworm) Pada Kelinci

By On Senin, Januari 22nd, 2018 Categories : Kelinci, Penyakit Ternak

Cara Mengobati Penyakit Cacingan (Pinworm) Pada KelinciPenyakit Cacingan merupakan penyakit yang sangat sulit dideteksi oleh manusia, penyakit ini disebabkan oleh parasit di tubuh. Cacing ini akan memakan nutrisi yang dibutuhka oleh tubuh sehingga akan merugikan pada ternak yang terinfeksi. Penyakit ini sering menyerang pada semua jenis ternak, seperti kambing, sapi, ayam petelur/pedaging, kucing, kelinci dan sebagainya.

Penularan penyakit ini umumnya masuk kedalam tubuh ternak kelinci melalui makanan yang tidak bersih, kondisi kandang yang kotor dan lembab, lingkungan tercemar dan melalui kontak langsung. Ada beberapa jenis cacing yang sering menyerang kelinci diantaranya disebabkan oleh Cacing dan Protozoa (Intracelluler Parasite).

Baca: Cara Mengobati Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pada Hewan

Jenis Cacing dan Protozoa Yang Menyebabkan Kelinci Cacingan

1. Cacing

  • Cacing Perut (Trichostrongylidae), cacing ini tumbuh didalam perut kelinci dan penyebaran penyakit ini tidak memiliki tanda sedikit pun.
  • Cacing Kremi (Passalurus ambiguus), penyebaran penyakit ini juga tidak disertai tanda-tanda walaupun penyakit ini sudah akut.
  • Cacing Pita (Taenia pisiformis/serealis, Cittotaenia variabilis), penyakit ini berada di pencernaan kecil, liver dan sambungan otot. Cacing ini tertular melalui makanan yang terkontaminasi oleh larva cacing pita.

2. Protozoa

  • Eimeria stiedae (Monocystis stiedae, Coccidium oviforme dan Coccidium cuniculi), penyakit ini menyerang pada hati, merusak empedu dan resiko pencernaan sedikit. Penyakit ini sering menyerang anakan kelinci.
  • Eimeria irresudua, E Magna, E Media, E perforans dan Other, penyakit ini menyerang pada bagian usus kelinci, biasanya sangat sulit diketahui. Namun, menyebabkan kelinci akan sering kehausan (dehidrasi) pada malam hari sehingga menyebabkan mati mendadak.

Gejala dan Ciri-Ciri Cacingan Pada Kelinci

Ada beberapa gejala dan ciri-ciri cacingan pada kelinci, umumnya adalah sebagai berikut:

  • Kelinci kurus, pucat atau lesu.
  • Nafsu makan menurun, mengakibatkan begitu lemah
  • Bulu kelinci terlihat kusam dan kasar.
  • Kelinci suka mengarukan bulu disekitar duburnya.
  • Kelinci akan diare, dan terdapat lendir dan darah.
  • Bila akut kelinci akan mati mendadak, pada malam hari.

Cara Mengatasi dan Mengobati Cacingan Pada Kelinci

  1. Isolasi kelinci yang terserang dengan kelinci lainnya, dikandang tertentu bertujuan agar tidak menyebar ke ternak kelinci lain dan mempermudahkan dalam penyembuhan atau pengobatan.
  2. Menjaga kebersihkan kandang, peralatan kandang, tempat pakan dan minum, areal kandang dan sebagainya.
  3. Melakukan vaksinasi, bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari penyakit lain masuk kedalam tubuh ternak kelinci.
  4. Penyemprotan insektisida atau bakterisida, untuk memutuskan perkembangan dan penyebaran panyakit di areal perkandang atau kandang kelinci.
  5. Penggunaan obat kimiawi, seperti Fenbendazole (untuk obat cacing perut), Piperazine (untuk cacingan kremi) dan wormex (untuk segala cacing) dilakukan 3-5 hari dengan takaran 1-1,5 sendok sesuai dengan bobot badan dan umur kelinci.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai “Cara Mengobati Penyakit Cacingan (Pinworm) Pada Kelinci”.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih.  

Cara Mengobati Penyakit Cacingan (Pinworm) Pada Kelinci | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99