Cara Mengobati Kelinci Mencret atau Diare

By On Rabu, Januari 24th, 2018 Categories : Kelinci, Penyakit Ternak, Tips Ternak

Cara Mengobati Kelinci Mencret atau DiarePenyakit Mencret atau diare merupakan penyakit sederhana, namun sangat berbahaya kalau tidak ditanggi dengan tepat dan benar bagi ternak kelinci. Apabila kelinci yang sudah menderita tidak dilakukan tindakan pengobatan dengan segara, kasus berat membuat kelinci akan mati secara mendadak.

Secara umumnya, penyakit mencret atau diare ditandai dengan kotoran lembut,dan cair. Penyebab diare biasanya karena pergantian makanan, tidak ada serat makanan, stress atau juga pakan yang terlalu cair. Selain itu, ada beberapa jenis diare yang sering menyerang kelinci dan cara mengobatinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca: Cara Membuat Pakan Silase Untuk Pakan Ternak

Jenis Penyakit Diare Yang Sering Menyerang Kelinci dan Cara Mengobatinya

1. Kokidiasis

Penyebab: Disebabkan oleh parasiet eimera, yang timbul karena tempat terlalu padat, kurang bersih, dan lembab. Parasite ini sering menyerang sistem pencernaan.

Gejala: Feses menjadi cair, lembut, dan banyak. Tampak lebih lesu, kusam dan nafsu makan menurun sehingga menyebabkan berat badan turun.

Pencegahan Kokidiasis:  Mengusahakan agar kandang tetapt bersih, tidak lembab, bebas dari air, berikan vaksin secara teratur sebelum kelinci dipindahkan dari tempat lain.

Cara Mengobati Kelinci Terkena Diare Kokdiasis

  • Berikan obat trimethoprim/sulfamethoxazole sesuai dengan dosis yang ditentukan.
  • Cara mengobati kelinci secara alami menggunakan: 3 daun pupus jambu klutuk, 2 pupus daun pepaya, daun pupus pepaya secukupnya, garam 1 sendok, madu 1 sendok teh. Kemudian haluskan semua bahan tersebut ambil airnya,campurkan dengan garam dan madu dengan air hangat. Aplikasikan dengan cara dicekokan ke kelinci.

2. Mucoid Enteropathy

Penyebab: Kelinci stress, diakibatkan perjalanan jauh, gangguan binatang atau serangan binatang, dan suara terlalu ribut, seperti suara kendaraan, pabrik dan sebagainya.

Gejala: Diare berlendir, badan kelinci akan membungkuk, kelinci kurang agresif atau lincah dan perut kelinci akan kembung.

Pengobatan: jika pencegahan dilakukan sama tetap tidak memberikan efek, maka lakukan pengobatan sama dengan obat kokidiasis atau menggunakan penangganan penyakit kembung.

Baca juga:

Demikianlah informasi mengenai “Cara Mengobati Kelinci Mencret atau Diare”.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Cara Mengobati Kelinci Mencret atau Diare | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99