Cara Mengatasi dan Mengobati Kambing Keracunan

By On Jumat, Februari 2nd, 2018 Categories : Kambing, Penyakit Ternak

Cara Mengatasi dan Mengobati Kambing Keracunan – Keracunan pada kambing umumnya disebabkan oleh pakan yang dikonsumsi. Akibatnya kurang pengawasan dari peternakan dalam pemberian pakan atau pengembalan liar. Keracunan tersebut, biasanya disebabkan karena kambing terlalu banyak mengkonsumsi daun singkong (daun ketela pohon, atau ubi kayu) didalam tanaman tersebut memiliki kandungan zat sianida yang tinggi dan juga bisa disebabkan oleh larutan pestisida yang biasanya disemprotkan untuk membasmi rumput liar.

Baca: Cara Membuat Pakan Silase Untuk Pakan Ternak

Biasanya keracunan pada kambing akan terjadi didalam rumen, dalam waktu 15-20 menit didalam rumen lalu diabsorbsi dengan cepat dan akan mengalami detoksikasi. Bila tidak ditanggani akan menyebabkan kematian pada kambing, kematian pada kambing dengan dosis kira-kira 2,5 mg/kg bobot badan serta tergantung pada keadaan umur ternak.

Gejala Klinis dan Ciri – Ciri Kambing Keracunan

  • Keluarnya air liur (saliva), mulut berbusa dan ternak mengeluarkan feses serta urin.
  • Pupil mata melebar (dilatasi) dan membran mukosa tampak merah terang karena oksigen dalam dara tidak bisa dilepaskan.
  • Pernapasan kambing akan lebih cepat dan dalam (dyspnoe).
  • Ternak kambing gelisa atau meronta-ronta, dan bahkan jatuh dengan nafas terengah-engah yang diikuti dengan kekejangan

Cara Mengatasi dan Mengobati Kambing Keracunan

1. Kambing Keracunan Sianida (Daun Singkong)

  • Pengobatan umumnya diberikan gabungan antara Sodium Nitrat (Na2NO2) dengan Thiosulfat (Na2S2O3), dengan dosis 1 ml larutan 20% Na2NO2 dan 3 ml Na2S2O3 dengan bobot badan 45 kg.
  • Bisa juga dengan pemberian Hidroksokobalamin (vitamin B12a), namun tingkat kelarutan pada zat ini sangat rendah dan tidaklah efektif
  • Pengobatan tradisional dengan memberikan minyak kelapa ataupun air kelapa muda yang di minumkan ke ternak kambing yang keracunan.

2. Kambing Keracunan Pestisida

  • Pengobatan dengan kasus berat yaitu dengan memberikan Atropin sulfat 0-25-0,5 mg/kg bobot badan dengan pemberian ¼ intravena dan sisanya subkutan dengan interval 2-6 jam ternak yang masih bisa selamatkan

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang “Cara Mengatasi dan Mengobati Kambing Keracunan”. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi peternak. Terima kasih.

Cara Mengatasi dan Mengobati Kambing Keracunan | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99