Cara Mengatasi Burung Lovebird Tidak Mau Kawin

By On Kamis, September 7th, 2017 Categories : Burung, Tips Ternak

Cara Mengatasi Burung Lovebird Tidak Mau Kawin – Bagi pecinta burung mania, pasti tidak asing lagi didengan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati dan gemari oleh berbagai macam kalangan masyarakat yaitu burung lovebird. Burung lovebird memiliki keindahan yang sangat menarik, perpaduan warna yang indah, dan memiliki kicauan yang menarik/merdu sehingga banyak disukai oleh banyak masyarakat.

BacaPengertian Unsur Hara dan Jenis-Jenisnya

Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual pun meningkat seiring dengan waktu. Sehingga para peternak burung berlomba-lomba budidayakan burung lovebird agar meraup keuntungan. Namun hal yang banyak terjadi dalam budidayakan/beternak burung lovebird adalah dalam perkawinan yang selalu gagal atau juga kebanyakan indukan burung lovebird tidak mau kawin sehingga akan menghambat pembudidayaan.

Ada beberapa faktor penyebab burung lovebird tidak mau kawin

  • Keturunan/gen, bisa menyebabkan keturunan yang dihasilkan tidak mau kawin, meskipun dilakukan pemaksaan dalam perkawinan
  • Lingkungan/suhu, juga akan menghambat perkawinan bahkan burung juga akan tidak mau kawin dengan semestinya
  • Keabnoramilitasan pada burung juga dapat menyebabkan burung tidak mau kawin, baik pada anggota tubuh maupun organ reproduksi
  • Dalam keadaan terserang penyakit juga dapat menyebabkan burung tidak mau kawin, baik penyakit eksternal maupun internal
  • Pemeliharaan kurang tepat, juga dapat menyebabkan burung tidak mau kawin. Pemeliharaan kurang tepat meliputi pakan atau air yang diberikan kurang memiliki kandungan gizi yang cukup memenuhi kebutuhan tubuh dan tidak dilakukan pemvaksinan atau perkandangan yang kurang baik serta perawatan kurang tepat.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Agar Kawin

  1. Sebelumnya, melakukan pemeriksaan terlebih dahulu baik burung jantan maupun betina secara detail, dan juga pengecekan burung tersebut apa dalam keadaan sakit atau tidak.
  2. Setelah itu, lakukan pemisahan burung lovebird dengan yang lainnya dan menggabungkannya dengan burung lovebird jantan dan betina beberapa hari.
  3. Jika tidak ada ketertarikan antara burung jantan dan betina, lakukan pemisahan. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi pertarungan antara pasangan tersebut.
  4. Jika menunjukan ketertarikan kedua burung tersebut, diamkan beberapa hari hingga melakukan perkawinan.
  5. Setelah itu, lakukan pengamatan dan pemisahan setelah usai perkawinan berlangsung.

Tambahan:

  • Untuk menambah nafsu kawin baik burung jantan maupun betina berikan pakan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan vitamin, misalnya sayuran kangkung, touge dan biji kuaci.

Baca Juga: 

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Burung Lovebird Tidak Mau Kawin. Semoga berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Tidak Mau Kawin | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99