Cara Memilih Bibit Anakan Lele Dengan Tepat

By On Senin, Juli 3rd, 2017 Categories : Ikan

Cara Memilih Bibit Anakan Lele Dengan Tepat – Dalam usaha beternak lele, kadang masih banyak orang yang menghiraukan cara pemilihan bibit lele yang berkualitas. Padahal ini adalah salah satu faktor yang menentukan dalam bisnis ini, sehingga kita bisa menghasilkan lele yang berkualitas bagus dan memuaskan. Salah benih lele bisa menjadikan momok yang merugikan hingga kegagalan dalam usaha anda. Untuk itu, pada kali ini saya akan membagikan pada anda cara memilih bibit anakan lele yang memiliki kualitas bagus sehingga dapat meningkatkan nilai bisnis anda.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Pupuk Organik Cair

1. Kesehatan benih

Amati kesehatan benih lele anda, mulai dari segi ukuran tubuh yang seimbang antara kepala dan tubuhnya, memiliki warna tubuh yang cerah dan mengkilap, tidak menggantung dan menggerombol di pojok kolam.

Tempatkan ikan lele sesuai dengan ukuran benih, hal ini karena ikan lele termasuk dalam hewan yang memiliki sifat kanibal. Jadi, jika anda tidak telaten atau sering memilah benih ikan lele maka ikan lele besar bisa memakan ikan lele kecil atau lemah.

2. Keturunan induk yang bagus dan berkualitas

Jika ingin mengembangbiakkan sendiri bibit lele, sebaiknya induk lele berasal dari induk unggul dan bukan dari hasil pemijahan (perkawinan) dengan tingkat kekerabatan yang dekat atau inbreeding.

3. Pilih benih bersertifikat CPIB

Bagi anda yang masih pemula, tentu belum mengerti banyak dimana bibit lele yang baik dijual. Jadi saya sarankan anda untuk mencari tempat penjualan bibit lele yang sudah memiliki sertifikat CPIB karena hal ini dapat menjamin kualitas dari bibit lele yang anda dapatkan. Selain itu juga menjamin bibit lele tersebut dari induk lele unggul.

4. Riwayat penyakit

Jika benih lele pernah sakit, segera tanyakan kronologis dan penangannya. Apakah pengobatannya perlu menggunakan antibiotik, vitamin atau probiotik atau hanya dengan perlakuan teknis saja. Namun, jika perlu menggunakan antibiotik, saya sarankan untuk tidak menggunakan dengan jumlah takaran yang berlebihan karena bakteri akan menjadi bersifat kebal sehingga memerlukan dosis yang lebih tinggi.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Memilih Bibit Ikan Lele Dengan Tepat. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

Cara Memilih Bibit Anakan Lele Dengan Tepat | ilmupeternakan | 4.5

agen bola

agen bola
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99

agen bola

agen bola