Cara Membuat Pakan Silase Untuk Pakan Ternak

By On Senin, Januari 22nd, 2018 Categories : Domba, Kambing, Kerbau, Pakan Ternak, Sapi

Cara Membuat Pakan Silase Untuk Pakan TernakSilase merupakan salah satu pakan hijauan yang sudah diolah dan diawetkan didalam kantong plastik, silo, atau drum yang kedap udara. Proses silase ini juga melibatkan mikroba atau bakteri yang akan membentuk asam susu, seperti Streptoccus dan Lactis acidi yang hidup secara anerob dengan derajat keasaman 4 (pH 4).

Baca: Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dari Jerami Padi Kering

Dengan membuat pakan silase, akan sangat menghemat penggunaan pakan hijauan yang biasa diberikan dan juga bisa tahan lama. Ketika musim hujan atau kemarau panjang, tidak perlu repot memotong rumput melainkan bisa memberikan pakan silase tersebut pada ternak. Biasanya pakan ternak yang diberikan silase adalah ternak ruminansia, seperti kambing, domba, sapi, kerbau dan sebagainya.

Bahan-Bahan Yang digunakan:

  • Molases (Air tebu) 3%.
  • EM4 1 Botol.
  • Dedak halus 5%.
  • Menir 3,5%.
  • Onggok 3%.
  • Rumput gajah atau hijauan lain sebagai bahan silase.
  • Silo, drum atau kantong plastik

Cara Membuat Silase Pakan Ternak

  1. Lakukan pemotongan rumput yang digunakan sebagai bahan pembuatan silase, dengan ukuran 5-10 cm atau lebih. Bertujuan agar mempermudahkan untuk penyerapan mikroba, pencampuran bahan dan mempermudahkan dalam pemasukan ke silo, drum atau kantong plastik.
  2. Lakukan pencampuran semua bahan yang digunakan sampai merata.
  3. Setelah itu, masukan bahan tersebut kedalam silo, drum atau plastik dan padatkan hingga udara tidak masuk.
  4. Setelah dimasukan semua bahan silase, selanjutnya tutup rapat dengan menggunakan plastik sampai kedap udara dan berikan pemberat, seperti batu atau kantong plastik berisi tanah supaya wadah tidak mengeser ke tempat lain.
  5. Kemudian diamkan selama 6-8 minggu hingga proses fermentasi selesai dan dapat dibongkar serta tutup kembali dengan rapat.
  6. Pengambilan silase hanya secukupnya untuk pakan ternak, misalnya untuk 3-5 hari.
  7. Hindari membuka silo atau kantong plastik, agar silase yang dibuat tidak mudah rusak.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai “Cara Membuat Silase Untuk Pakan Ternak”.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Cara Membuat Pakan Silase Untuk Pakan Ternak | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99