Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dari Jerami Padi Kering

By On Senin, Januari 22nd, 2018 Categories : Kambing, Pakan Ternak

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dari Jerami Padi KeringJerami Padi adalah salah satu limbah yang sangat potensial sebagai pakan penganti hijauan.  Sebagian besar, limbah jerami padi tidaklah dimanfaatkan dan dibakar begitu saja, namun dapat memiliki efek pada struktur tanah.  Padahal jerami padi dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif ternak kambing, dengan melakukan fermentasi. Kandungan pada jerami padi mengandung sedikit protein, lemak, dan pati serta serat kasar yang tinggi karena lignin dan silikanya tinggi.

Baca: Cara Membuat Pakan Alternatif Bebek/Itik Petelur

Fermentasi adalah suatu proses pemecahan senyawa organik menjadi sederhana dengan melibatkan mikroorganisme dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk yang memiliki kandungan nutrisi, tekstur yang lebih baik, memperpanjang masa penyimpanan, mengendalikan pertum uhan mikroba kontaminan.  Berkut cara membuat pakan alternatif fermentasi kambing jerami padi kering.

Bahan-Bahan Yang Digunakan:

  • Jerami padi yang sudah kering sebanyak 1 ton atau ½ ton.
  • Em4 atau SOC 1 botol.
  • Molase 1 botol plastik
  • Terpal plastik atau plastik lembaran.
  • Ember plastil
  • Alat penyiram atau gembor.
  • Air secukupnya.

Cara Membuat Pakan Fermantasi Kambing Jerami Padi

  1. Siapkan tempat yang terlindung dari sinar matahari, genangan air secara langsung dan terlindung dari air hujan.
  2. Siapkan jerami padi yang sudah kering, apabila masih dalam keadaan basa lakukan penjemuran 1-2 minggu pada sinar matahari secara langsung terlebih dahulu.
  3. Ambil ember plastik, isi dengan air secukupnya dan tuangkan EM4 atau SOC dan molase kedalam ember, aduk hingga merata.
  4. Mulai mengelar jerami pada lapisan pertama setinggi 15-20 cm dan mulai menyemprotan dengan larutan adonan air, EM4 atau SOC, molase pada tumpukan dan padatkan. Usahan penyemprotan merata dan jerimi basah.
  5. Setelah jerami sudah selesai, tutup tumpukan dengan menggunakan terpal plastik.
  6. Lakukan pengikatan dan usahakan udara jangan masuk, diamkan selama 12 -15 hari supaya terjadi penguraian.
  7. Setelah 12-15 hari, kemudian jerami padi siap diberikan untuk pakan ternak kambing, sebelum diberikan pada ternak kambing silakan angin-anginkan terlebih dahulu.
  8. Mohon perhatikan minuman air bersih selalu tersedia, sehingga akan membantu metabolisme kambing.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang “Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dari Jerami Padi”.  Semoga informasi diatas dapat membantu dan bermanfaat, bagi para peternak. Terima kasih.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dari Jerami Padi Kering | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99