Cara Beternak Ikan Lele di Terpal

By On Selasa, Mei 16th, 2017 Categories : Ikan, Jenis Ternak

Cara Beternak Ikan Lele di Terpal Permintaan konsumen akan ikan lele saat ini terus mengalami peningkatan, apalagi dengan adanya program pemerintah yang mendukung melalui penelitian dan kampanye benih lele unggul. Sehingga, hal ini memicu banyak petani ikan untuk mengembangbiakkan ikan lele ini. Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, budidaya ikan lele tidak bisa dilakukan hanya untuk kegiatan subsistensi saja.

Ditambah lagi dijaman modern seperti saat ini, ternak lele tidak perlu menggali tanah untuk membuat kolam ikan lele, melainkan menggunakan terpal yang lebih simpel, cepat dan mudah. Namun anda harus tahu cara-cara dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas ikan lele. Untuk mengetahui cara-cara beternak ikan lele di kolam terpal anda dapat menyimbak penjelasan singkat berikut ini.

Baca: Cara Betenak Burung Lovebird Dengan Mudah

1. Persyaratan Kolam Terpal

Tahap pertama pembuatan kolam terpal ini adalah pencucian terpal dengan sabun untuk menghilangkan bau lem dan zat kimia lainnya yang dapat membunuh bibit ikan lele. Setelah itu dibilias dan dikeringkan. Setelah itu letakkan terpal pada area kolam da nisi dengan air hingga kedalaman 20 cm dan diamkan selama satu minggu untuk proses pembentukan lumut.

Tambahkan daun-daun seperti daun singkong atau papaya dalam kolam yang telah dibiarkan selama satu minggu tersebut. Hal ini dilakukan agar air berwarna hijau yang berguna untuk mencegah bau yang disebabkan oleh penguapan air kolam. Kemudian tambahkan air lagi hingga mencapai kedalaman 80 cm setelah ikan tumbuh dewasa. Dan jangan lupa untuk melakukan penambahan dan pergantian air.

2. Pemilihan benih

Untuk mengetahu ciri-ciri benih unggul ikan lele dapat anda simak sebagai berikut :

  • Induk terlihat aktif melakukan oksigenasi.
  • Gesit dan agresif.
  • Warna kulit lebih terang.
  • Ukuran terlihat sama rata / ideal.

3. Kapasitas benih

Untuk melakukan budidaya ikan lele dalam kolam terpal ini. Anda harus memperhatikan jumlah bibit ikan lele yang akan anda kembangbiakkan. Jangan menempatkan kapasitas ikan yang terlalu banyak dalam satu kolam, anda harus memastikan bahwa dalam kolam tersebut ikan lele dapat bergerak dan berpindah secara leluasa yakni dengan acuan 1000 benih lele / kolam yang berukuran 1,5-2 inci.

Untuk benih yang baru dibeli, jangan langsung dimasukkan ke dalam kolam tapi harus dimasukkan ke dalam wadah atau kolam budidaya selama 30 menit agar lele beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan tidak stress. Sebaiknya penebaran benih dilakukan saat pagi atau sore hari. Karena pada waktu itu kondisi air lebih stabil. Dan jangan lupa melakukan penyortiran ikan lele yang berusia 20 hari, hal ini bertujuan untuk memisahkan antara lele yang kekurangan makanan sehingga dapat kita letakkan pada kolan yang lain agar pertumbuhan tidak terganggu.

4. Pengaturan air

Pengaturan air kolam ikan lele sangatlah penting. Karena air kolam akan berkurang karena proses penguapan akibat sinar matahari maka dari itu anda harus menambahkan volume air agar sesuai dengan posisi semula. Warna air yang baik bagi ikan lele adalah warna hijau  karena ikan lele tidak menyukai warna air yang jernih. Dan air akan berubah menjadi merah ketika ikan sudah dewasa dan siap panen.

5.  Pakan ikan

Pemberian pakan ikan lele dapat anda lakukan tiga hingga empat kali sehari tergantung dengan kebutuhan ikan lele. Biasanya ikan lele diberikan pakan berjenis sentrat ikan 781-1 yang mengandung protein 35%, lemak 10-16%, karbohidrat 15-25%, vitamin dan mineral. Namun, pemberian pakan tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit akibat pakan yang tidak termakan yang mengendap dalam air yakni ammonia beracun.

6.   Pemanenan ikan

Ikan lele dapat dipanen setelah berumur kurang lebih 90 hari. Pemanenan ikan dilakukan dengan menyortir ikan yang layak konsumsi yang berukuran 4-7 ekor / kg. Jika ukuran terlalu kecil, maka akan dipelihara kembali.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

Cara Beternak Ikan Lele di Terpal | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99