Cara Beternak Ayam Bangkok Super

By On Selasa, Mei 2nd, 2017 Categories : Ayam, Jenis Ternak, Tips Ternak

Cara Beternak Ayam Bangkok Super – Jika anda saat ini ingin dan berminat mencoba bisnis ternak, cobalah untuk beternak ayam Bangkok. Jangan meremehkan ternak yang satu ini, karena jika anda menekuninya apalagi hingga menghasilkan ayam Bangkok yang berkualitas, anda bisa memikat orang-orang untuk membeli ayam anda apalagi bagi orang yang hobi melakukan sambung ayam.

Cara beternak ayam Bangkok sebenarnya cukup mudah, yang perlu diperhatikan hanyalah saat pemilihan induk dan penjantan ayam Bangkok yang bagus. Untuk menghasilkan keturunan ayam dengan kualitas yang  baik, sebaiknya mengawinkan induk dan penjantan ayam Bangkok harus dalam keadaan sehat. Karena jika dalam pengawinan tersebut ada salah satu ayam sakit atau kelainan, maka akan menyebabkan keturunan ayam tersebut kurang bagus atau memiliki kelainan dan menyebabkan harga ayam Bangkok menjadi murah. Untuk mengetahui cara-cara beternak ayam Bangkok lebih lanjut, silahkan simak ulasan berikut ini.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Kapang

Cara Beternak Ayam Bangkok

1.   Memilih induk

Dalam pemilihan induk ayam Bangkok, kita harus memilih induk dengan kualitas yang baik. Induk dengan kualitas baik yang dimaksud adalah induk ayam dalam keadaan baik (tidak stress) dan dalam kondisi sehat serta tidak memiliki kelainan. Untuk ciri spesifik betina yang bagus yaitu memiliki bentuk kepala seperti ular.

2.   Memilih pejantan

Dalam pemilihan penjantan ayam Bangkok yang akan di kawinkan, sama saja dengan memilih induk ayam Bangkok dan selain itu, pilih ayam jantan yang memiliki permainan tarung yang bagus. Jadi pilihlah pejantan ayam Bangkok yang biasanya menang dalam laga pertarungan ayam. Untuk ciri spesifik ayam jantan yang bagus yaitu memiliki kepala ayam seperti buah pinang.

3.   Siapkan kendang umbaran

Perkawinan di kendang umbaran lebih baik dari pada di kendang dodogan, karena proses perkawinan lebih alami. Cara mengawinkan induk bisa dilakukan dengan cara kendang umbaran atau system kawin tembak yang disebut dogdogan. Cara dogdogan adalah induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini si betina. Cara ini terkenal paling efektif dan cepat dalam menghasilkan keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak terlalu sulit dikawinkan dengan cara dogdogan. Tapi jika induk jantan tidak mau dengan cara tersebut, sebaiknya induk jantan dan betina dikawinkan di dalam kendang umbaran.

Saat ayam Bangkok mulai mengengkrami telurnya, siramkan sedikit air ke induknya agar ayam Bangkok mau kawin lagi. Sehingga telur yang dihasilkan bisa lebih banyak. Tapi batas maksimal dalam satu kali pengengkraman telur adalah 3 kali. Karena jika hal itu dilakukan berlebihan akan membuat induk ayam Bangkok tidak mau mengengkrami telurnya. Pindahkan segera anak ayam jika sudah menetas, agar induk ayam Bangkok mau kawin lagi dan mulai mengengkrami telur yang baru.

4.   Menyiapkan kandang ayam

Kandang adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis ternak ini. Kandang anak ayam sebaiknya di buat sebelum induk ayam dikawinkan, dengan tujuan agar saat menetas nanti anak ayam bisa langsung dipindahkan.

Untuk kandang ayam dewasa anda bisa membuat dalam bentuk petakan. Setiap petakan memiliki tengger, karena ayam Bangkok suka sekali bertengger. Untuk tinggi kandang sekitar 50 cm dan atapnya berongga untuk ayam Bangkok berumur 3 bulan keatas. Jangan lupa memberikan tempat makan dan minum dalam kandang.

5.   Memilih pakan ayam

Ketika anda terjun ke dunia bisnis ternak ini, jangan pernah pelit soal dana yang dibutuhkan untuk membeli pakan. Karena pemberian pakan pada ayam Bangkok harus sesuai dengan usia ayam agar tetap sehat.

Baca Juga:

Sekian penjelasan Cara-cara Beternak  Ayam Bangkok Super. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memulai bisnis ternak ayam Bangkok anda.

Cara Beternak Ayam Bangkok Super | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99