Cara Beternak Angsa Dengan Mudah

By On Kamis, Juni 1st, 2017 Categories : Jenis Ternak, Tips Ternak

Cara Beternak Angsa Dengan Mudah – Banyak orang mengira bahwa beternak angsa merupakan hal yang tidak mudah dan kurang menguntungkan. Namun hal ini tidaklah benar, karena angsa sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang membuatnya sangat mudah diternakkan. Selain itu, angsa juga lebih tahan terhadap serangan penyakit dan virus yang menyerang ternak-ternak unggas.

Disisi lain, angsa dapat dijadikan peliharaan yang baik dipekarangan rumah. Nah, apakah anda sudah mulai tertarik dengan bisnis angsa setelah membaca sedikit pengenalan  tentang angsa ? Jika anda tertarik, silahkan anda simak ulasan berikut ini tentang cara beternak angsa untuk menghasilkan kualitas yang baik.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Musang (Paradoxurus hermaphroditus)

1.   Lakukan pemilihan bibit induk

Dalam pemilihan bibit induk angsa sebernarnya tergantung dari tujuan anda dalam mengembangbiakkannya. Jika anda ingin melakukan ternak angsa hanya sebagai hobi saja maka anda hanya perlu memilih bibit induk sesuai dengan keinginan anda. Namun jika anda ingin mengembangbiakkannya untuk produksi telur atau daging, maka sebaiknya anda memilih bibit dari induk yang memiliki pertumbuhan paling cepat dan dapat menghasilkan telur yang banyak.

2.   Kandang angsa

Angsa merupakan hewan unggas yang tidak betah tinggal di dalam kandang yang terbatas dan sempit seperti ayam. Oleh karena itu, sebaiknya anda membiarkan angsa berkeliaran di belakang rumah dan diberikan pembatas yang mengelilingi area yang anda gunakan untuk memelihara angsa. Yang anda butuhkan dalam pembuatan kandang angsa yaitu area tanah yang luas, pagar yang mengelilingi area ternak, kandang sebagai tempat berteduh maupun tidur serta jangan lupa meberikan tempat pakan dan minum. Sebagai acuan volume ternak dalam satu kandang, anda dapat mengira-ngira jumlahnya sesuai dengan luas kandang anda yakni 1×1 meter / ekor.

3.   Pemberian pakan angsa

Pemberian pakan angsa dapat anda lakukan 2 hingga 3 kali dalam satu hari.  Dengan komposisi pakan 15% protein ditambah dengan vitamin untuk unggas. Makanan pokok yang bisa anda berikan untuk angsa yaitu dedak atau bekatul yang dicampur dengan sayuran atau sisa makanan lainnya.

Jika anda memelihara angsa dengan tujuan untuk diambil dagingnya, sebaiknya pada saat angsa berumur 6 bulan diletakkan pada kandang yang lebih kecil. Dan porsi makanan penuh dari 3 sampai 4 minggu sebelum dikonsumsi.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Cara Budidaya Angsa Dengan Mudah. Semoga berguna dan bermanfaat, jangan lupa share/like/komen jika anda menyukainya.

Cara Beternak Angsa Dengan Mudah | ilmupeternakan | 4.5

sewa mobil surabaya

sewa mobil surabaya
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99

sewa mobil surabaya

sewa mobil surabaya