Cara Betenak Burung Kacer

By On Minggu, April 30th, 2017 Categories : Burung Kacer, Jenis Ternak, Tips Ternak

Cara Beternak Burung Kacer – Bagi kalian yang memiliki hobi memelihara burung, tidak ada salahnya kalian mengembangkan hobi menjadi sebuah bisnis. Salah satunya adalah bisni berternak burung kacer ini. Bahkan belakangan ini mulai banyak orang melakukan ternak burung kacer.

Beberapa varietas atau jenis burung kacer yang sering diusahakan antara lain kacer jawa atau Chopsycus Sechellarum, serta ternak kacek poci atau Chopsycus Saulary. Perbedaan kedua jenis kacer tersebut terletak pada bagian warna bulunya. Kacer jawa dominan memiliki bulu berwarna hitam dari mulai wilayah dada sampai kloaka. Dementara kacer poci memiliki bulu hitam hanya sampai bagian dada, sedangkan dekat kloaka pada kacer poci berwarna putih.

Baca: Teknik Pengawetan dan Pengenceran Semen

Cara Beternak Burung Kacer

1.   Persiapkan kandang ternak kacer

Dalam pembuatan kandang ternak kacer, buatlah kandang dengan ukuran panjang 100 cm, lebar 100 cm, serta tinggi 200 cm. Untuk pemilihan bahan kandang yang baik, sebaiknya menggunakan kayu balo. Karena kayu ini memiliki karakter yang keras, tahan hama rayap, serta lebih ekonomis daripada kayu jati.

Komponen yang harus ada dalam pembuatan kandang antara lain :

  1. Adanya pangkringan untuk kacer bertengger.
  2. Tempat makan dan minum yang higienis.
  3. Glodok sarang.
  4. Tumbuh-tumbuhan kecil.
  5. Tulang sotong.
  6. Kolam kecil (dapat dibuat dari cawan tanah liat atau kaleng bekas roti diisi air).

2.   Indukan ternak kacer

Untuk mendapatkan indukan yang berkualitas akan sangat menentukan hasil anakan ternak kacer anda yan berkualitas pula. Berikut ciri-ciri dari indukan kacer yang berkualitas :

  • Tidak terdapat cacat fisik.
  • Berbadan besar dan panjang.
  • Gerakan induk aktif, atraktif, gesit dam sorot mata tajam.
  • Usahakan mendapat indukan yang sedang mengalami periode kawin yaitu kurang lebih berusia 10 bulan.
  • Usahakan memilih indukan yang rajin berkicau.

3.   Tahap perjodohan ternak kacer

Setelah memilih calon indukan yang berkualitas, tahap selanjutnya adalah proses perjodohan indukan jantan dan betina. Masukkan indukan kacer jantan dan betina dalam satu kandang penangkaran. Biarkan mereka melakukan proses perkawinan dan amati sampai kedua induk terlihat akur. Di dalam perihal ini, si jantan dapat berkicau terus-terusan dan ditanggapi oleh si betina yang hinggap di dasaran sangkar.

4.   Periode bertelur ternak kacer

Setelah kedua indukan dimasukkan ke dalam penangkaran yang sama, maka indukan betina akan mulai bertelur dengan jumlah kurang lebih 2 – 3 telur dalam sekali periode musim bertelur burung kacer.

Pada periode setelah perjodohan dan sebelum bertelur, kandang harus selalu tersedia tulang sotong karena tulang sotong sangat baik dalam pembentukan cangkang telur kacer agar kuat dan piyik kacer tidak lahir cacat. Umunya, indukan kacer mengerami telurnya selama kurang lebih 2 minggu. Setelah piyik menetas, jangan lupa menambahkan kroto dan juga jagkrik di dalam kandang ternak kacer agar si betina dapat memberikan makan kepada piyik tersebut.

5.   Tahap meloloh piyik

Bagi anak kacer atau piyik membutuhkan waktu 3 – 4 minggu untuk mendapatkan makanan dari induknya hingga piyik bisa makan sendiri. Jadi pada tahap ini, jangan sampai anda kehabisan stok kroto, belalang, maupun jangkrik agar si betina tidak kebingungan untuk mencari makan piyik.

6.   Tahap mensapih piyik

Pada tahap ini, pastikan piyik sudah bisa makan sendiri serta indukan mulai ematuki anaknya saat anaknya mendekat. Karena itu menandakan bahwa indukan siap untuk bertelur dan piyik harus dipisahkan dari induknya.

Setelah dipisahkan, beri makan anak kacer dengan voor, kroto, jangkrik, maupun belalang. Setelah dewasa dan kacer mulai berkicau, menandakan bahwa kacer siap untuk dipanen.

Baca Juga:

Demikian informasi mengenai Cara Beternak Burung Kacer yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan bagi anda yang ingin memulai usaha burung kacer ini.

Cara Betenak Burung Kacer | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99