Cara Ampuh Mengatasi Kelinci Tidak Mau Kawin

By On Senin, Januari 22nd, 2018 Categories : Kelinci, Tips Ternak

Cara Ampuh Mengatasi Kelinci Tidak Mau KawinTernak Kelinci memang sangat menguntungkan, tetapi terkadang kendala utama dalam beternak kelinci adalah kelinci tidak mau kawin. Hal ini tentunya adalah permasalahan yang sangat besar dalam budidaya kelinci. Dikarenakan perkembang biakan sangatlah penting dalam beternak kelinci, jika hal ini terjadi maka perlu ditangani segera agar tidak merugikan bagi peternak kelinci.

Tidak mau kawin disebabkan oleh beberapa faktor, baik jantan maupun betina. Biasanya faktor umur dan genetik sangatlah mempengaruhi sehingga kelinci tidak mau kawin. Namun, ada beberapa faktor lain juga yang menyebabkan kelinci tidak mau kawin, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca: Cara Mengobati Penyakit Cacingan (Pinworm) Pada Kelinci

Penyebab Kelinci Tidak Mau Kawin

  • Umur kelinci yang masih muda, membuat kelinci tidak mau kawin. Biasanya umur kelinci yang siap dikawinkan berumur 6-12 bulan.
  • Belum birahi atau usai birahi, membuat kelinci tidak mau kawin. Biasanya siklus birahi kelinci sekitar 2 minggu, dan ovulasi terjadi sekitar 9-13 jam.
  • Gentika atau gen, keturunan yang tidak baik akan membuat kelinci tidak mau kawin.
  • Kelinci betina dalam keadaan bunting atau menyusui, sehingga membuat kelinci tidak mau kawin. Tunggu sampai anakan lepas sapih berkisar 15-20 hari.
  • Kelinci tidak tertarik terhadap lawan jenisnya, terkadang membuat kelinci tidak mau kawin.
  • Kandang atau waktu perkawinan tidak sesuai membuat kelinci tidak mau kawin. Biasanya kandang yang digunakan lebih nyaman, suhu sesuai, sedangkan waktu perkawinan yang ideal dilakukan pada pagi dan sore hari.

Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Kawin

  1. Lakukan penjodohan terlebih dahulu, pada kelinci jantan dan betina selama 2-3 jam. Jika menunjukan ketertarikan maka lanjutkan perkawinan.
  2. Penggunaan kandang yang ideal, atau kandang yang nyaman, seperti terdapat tempat pakan dan minum, terdapat jerami kering (kain) dan kandang bersih.
  3. Jika pada kandang tersebut, tidak juga mau kawin. Lakukan perkawinan dikandang terbuka dan luas. Sehingga mempermudahkan proses perkawinan. Namun, harus disertai dengan pengawasan oleh peternak.
  4. Dalam proses perkawinan, sebaiknya jauhkan dari tempat keramaian. Sehingga tidak akan menganggu proses perkawinan yang berlangsung.
  5. Diimbangi dengan pemberian vitamin dan nutrisi, untuk mempercepat proses kebuntingan setelah perkawinan.
  6. Perkawinan ini berlangsung selama 10-25 menit, jika ditandai kelinci jantan sudah menaiki betina. Lakukan pengistirahatan selama 15 menit, dan pisahkan sementara kelinci betina dikandang lainnya.
  7. Setelah itu, masukan kembali dan ketika kelinci betina tidak mau kawin kembali. Masukan kembali kekandang biasanya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi menganai “Cara Ampuh Mengatasi Kelinci Tidak Mau Kawin”.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Cara Ampuh Mengatasi Kelinci Tidak Mau Kawin | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99