7 Cara Mengatasi Burung Kenari Sesak Nafas (Macet Bunyi)

By On Minggu, Oktober 1st, 2017 Categories : Burung, Penyakit Ternak, Peternakan, Tips Ternak

7 Cara Mengatasi Burung Kenari Sesak Nafas (Macet Bunyi) – Gangguan penyakit sesak nafas atau sulit nafas burung kenari sering kerap terjadi. Pada umumnya kenari yang terserang penyakit sesak nafas ditandai dengan sering membuka paruh, suara menghilang, kusam, nafsu makan menurun dan bahkan mengakibatkan burung mengalami tingkat kelemahan relatif tinggi dibandingkan dengan biasanya. Jika hal tersebut tidak ditanggani segera akan mengakibatkan kesehatan burung kenari akan menurun, dan bahkan akan mengakibatkan kematian.

Dalam mengatasi kasus tersebut, perlu diketahui apa penyebab utama yang menyebabkan burung kenari mengalami sesak nafas. Apakah dari iklim atau cuaca, kebersihan kandang, lingkungan sekitar atau disebabkan hal lainnya. Ada beberapa cara untuk menanggani burung kenari yang terserang penyakit sulit bernafas atau susah nafas sehingga menyebabkan macet bunyi adalah sebagai berikut:

Cara Mengatasi Burung Kenari Sulit Bernafas

  1. Pindahkan burung kenari yang terserang di sebuah kandang isolasi atau kandang tertentu, bertujuan untuk menghindari penyebaran atau penularan penyakit sulit bernafas burung kenari lainnya.
  2. Bersihkan kandang, tempat pakan, tempat air minum dan peralatan yang digunakan serta membersihkan sisa pakan atau kotoran yang masih menempel pada kandang terserang. Lakukan penyemprotan bakterioksida atau fungisida untuk menghilangkan bakteri dan jamur yang menyebabkan terserang penyakit pada burung kenari.
  3. Pada burung kenari yang terserang, lakukan penutupan atau pengkrodongan kain, bertujuan untuk menghangatkan tubuh kenari dan tidak diganggu oleh binatang lainnya.
  4. Letakan pada tempat yang sunyi dan jauhkan dari tempat keramaian, bertujuan untuk mencegah stres dan menyamankan burung kenari.
  5. Berilah minyak minyak angin, diwadah tertentu. bertujuan untuk membuat nafas burung kenari lebih lega.
  6. Apabila burung kenari belum sembuh, kamu bisa menambahkan obat dan vitamin, seperti orbird, nafas 1, birdtwitter, dan birdfresh.
  7. Dan lakukan perawatan dengan baik dan tepat.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Burung Kenari Terserang Penyakit sulit Bernafas. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

7 Cara Mengatasi Burung Kenari Sesak Nafas (Macet Bunyi) | ilmupeternakan | 4.5

maindomino99

maindomino99
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99

maindomino99

maindomino99