7 Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

7 Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan BetinaIkan Mas Koki (Carassius auratus auratus) merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak disukai dan digemari oleh berbagai macam kalangan. Sehingga ikan hias mas koki ini banyak di ternakkan oleh peternak.

Baca:  6 Cara Merawat Anak Ikan Cupang Yang Baru Menetas Agar Tidak Mati

Namun, sebagian peternak ikan hias masih belum banyak yang bisa menentukan ikan hias jantan dan betina terutamanya peternak pemula. Untuk itu, kami akan jelaskan cara membedakan ikan mas koki jantan dan betina dengan mudah berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki.

Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Cara membedakan ikan mas koki jantan dan betina, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, antara lai:

1. Kepala

Kepala ikan mas koki jantan memiliki kepala agak kecil dan juga agak kerucut serta muncung ke depan, sedangkan ikan mas koki betina memiliki bentuk kepala bulat dan agak besar dibandingkan dengan jantan.

2. Postur Tubuh

Postur tubuh atau bentuk tubuh ikan mas koki jantan lebih ramping dan memanjang, sedangkan bentuk tubuh ikan mas koki betina tampak bulat dan besar.

3. Warna Tubuh

Warna ikan mas memang beragam, namun untuk menentukan bisa juga di lakukan dengan menentukan jantan dan betina. Warna ikan mas koki jantan lebih mengkilap, jelas dan lebih terang dibandingkan betina yang agak kusam atau kurang terang.

4. Sirip Bagian Atas

Sirip bagian atas pada ikan mas koki jantan lebih panjang dan berbentuk separuh kipas, untuk beberapa spesies. Sedangkan pada ikan mas koki betina memiliki sirip bagian atas pendek dan berbentuk seperti bulan sabit hanya separuh.

5. Sirip Bagian Bawah

Sirip bnagian bawah ikan mas koki jantan memiliki sirip satu (tunggal), dan terdapat bercak atau bintik putih. Sedangkan pada ikan mas koki betina memiliki sirip bagian bawah dua (ganda) dan tidak bintik, untuk sebagian spesies ikan mas koki betina.

6. Gerakan Ikan

Gerakan ikan mas koki jantan lebih agresif, lincah dan liar, sedangkan ikan mas koki betina pasif atau tidak terlalu banyak bergerak.

7. Alat Reproduksi

Organ reproduksi ikan mas koki jantan bila di lakukan perabaan akan tampak menonjol dan meruncing, sedangkan ikan mas koki betina berbentuk bulat dan dekat dengan bagian anus.

Tambahan:

Ciri-ciri diatas, dapat dilakukan ketika umur ikan jantan berumur 3-5 bulan dan betina minimal berumur 6-8 bulan. Ketika masih dalam bentuk benih, akan sangat sulit membedakan ikan mas koki jantan dan betina.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 7 Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *