6 Cara Merawat Anak Ikan Cupang Yang Baru Menetas Agar Tidak Mati

By On Rabu, Februari 6th, 2019 Categories : Ikan, Perikanan

6 Cara Merawat Anak Ikan Cupang Yang Baru Menetas Agar Tidak MatiMerawat atau memelihara anakan ikan cupang memang sangat sulit sekali dilakukan, kebanyakan anakan ikan cupang setelah menetas mudah mati dan bahkan di makan oleh induknya sendiri.

Baca: 10 Cara Merawat Anakan Merpati Agar Cepat Besar dan Terbang

Penetasan telur ikan cupang waktu paling dilakukan sekitar 2 x 24 jam, dengan kondisi anakan yang belum bisa berenang dan hanya mengapung di permukaan air dengan bentuk transparan. Ikan cupang yang banyak di budidayakan adalah ikan cupang plakat, ikan cupang halfmoon, ikan cupang aduan dan sebagainya. Namun, saat penetasan telur dilakukan perawatan dan pemeliharaan yang sama.

1. Pisahkan Induk Jantan dari Kolam Pemijahan

Pisahkan induk jantan dalam kolam pemijahan setelah 3-4, setelah penetasan. Bertujuan untuk menghindari induk jantan memakan anakannya sendiri.

2. Pemberian Pakan

Pemberian pakan bisa dilakukan setelah anakan ikan cupang berumur 2-3 hari, dengan menggunakan pakan yang berukuran kecil, halus dan lembut seperti kutu air, kuning telur, susu bubuk, artemia dan infrusoria.

3. Menjaga Kebersihan Air

Kebersihan air sangat menentukan keberhasilan dalam merawat anakan ikan cupang agar tidak mati. Pastikan air tetap bersih, dan ganti 3 hari sekali. Namun pada minggu pertama jangan dilakukan pergantian air terlebih dahulu karena anak ikan cupang masih dalam kondisi lemah dan rentan.

4. Menjaga Suhu Air

Suhu air yang stabil akan sangat baik untuk kenyaman, kesehatan dan juga perkembangan anak ikan cupang. Biasanya untuk menstabilkan suhu air dengan memberikan lumut, eceng gondok dan sebagainya untuk peneduh anakan ikan cupang.

5. Menghindari Penggunaan Alat yang Terkontaminasi

Menghindari alat yang terkontaminasi sangat perlu dilakukan, karena anakan ikan cupang masih sangat lemah dan mudah terkontaminasi oleh berbagai macam penyakit. Untuk itu, menghindari alat atau barang yang sering masuk kedalam kolam anakan ikan cupang.

6. Memperhatikan Kesehatan Anakan Cupang

Perhatikan anakan ikan cupang yang sehat dan tidak sehat, jika anakan dalam keadaan tidak sehat pastikan pindahkan ke kolam isolasi atau kolam lainnya. Hal tersebut untuk menghindari penyebaran atau menyerang anakan ikan lainnya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang 6 Cara Merawat Anak Ikan Cupang Yang Baru Menetas Agar Tidak Mati. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

6 Cara Merawat Anak Ikan Cupang Yang Baru Menetas Agar Tidak Mati | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99