6 Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer Agar Cepat Bertelur

By On Sabtu, Januari 12th, 2019 Categories : Burung, Peternakan, Tips Ternak

6 Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer Agar Cepat Bertelur Istilah birahi adalah dimana keadaan burung sudah siap fisik atau mental untuk melakukan hubungan perkawinan/seksualitas antara burung jantan dan betina melalui perjodohan.

Baca: 6 Jenis Pupuk Dasar Untuk Tanaman Cabe

Dalam upaya peningkatan birahi terhadap burung kacer, peternak harus melakukan beberapa hal untuk dapat meningkatkan birahi secara optimal agar cepat bertelur, antara lain:

1. Jodohkan Kacer Jantan dan Betina

Cara ini memang sangat sederhana dilakukan, dalam upaya meningkatkan birahi burung kacer. Cara ini dilakukan dengan mendekatkan kandang jantan dan betina secara hadap-hadapan, bila sudah menunjukan tanda birahi lakukan penggabungan satu kandang untuk proses perkawinan.

2. Lakukan Penjemuran Burung Kacer

Penjemuran burung sangat efektif untuk dapat meningkatkan birahi, namun apabila penjemuran berlebihan dapat menyebabkan burung mengalami over birahi. Biasanya penjemuran dilakukan 1 jam/hari, namun bisa juga menambahkan durasi penjemuran burung kacer menjadi 1,5 – 2jam/hari.

3. Tambahkan Porsi Ekstra Food (EF)

Cara ini memang sederhana dan sangat efektif untuk meningkatkan birahi dalam waktu singkat. Biasanya dilakukan, dengan cara sebagai berikut:

  • Menambahkan EF sebesar 50%, dari biasanya.
  • Biasanya memberikan pakan 3 ekor jangkrik pada pagi dan soer hari, sekarang bisa memberikan 4-5 ekor pada pagi dan sore hari.
  • Jenis ekstra food yang diberikan, yaitu kroto, jangkrik, ulat hongkong, ulat bambu dan belalang hijau.

4. Memberikan Suplemen & Vitamin

Pemberian suplemen sangat membantu, untuk mempercepat birahi padsa burung kacer. Suplemen meningkatkan birahi burung kacer, biasanya yang diberikan yaitu; Sarang walet, Obat Macet Breeding Herbal, Hi-Vit Nutribird Vitamin, Teluro Embrio dan sebagainya.

5. Pemeriksaan Secara Medis

Untuk dapat meningkatkan birahi burung kacer, perlu dilakukan tindakan medis secara tepat mulai dari pemeriksaan, vaksinasi, dan penyuntikan obat-obatan untuk meningkatkan hormon seksualis burung kacer biasanya dilakukan pada dokter hewan khusus unggas.

Baca Juga: 

Demikianlah informasi tentang 6 Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer Agar Cepat Bertelur . Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

6 Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer Agar Cepat Bertelur | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99