5 Cara Ampuh Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

By On Jumat, Maret 1st, 2019 Categories : Ayam, Penyakit Ternak, Peternakan

5 Cara Ampuh Mengobati Penyakit Gumboro Pada AyamPenyakit  Gumboro atau Penyakit Infectios Bursal Disease (IBD) merupakan salah satu penyakit yang menyerang dan merusak system kekebalan tubuh ayam melalui virus dari genus Avibirnavirus. Penyakit ini pertama kali dilaporkan dan ditemukan oleh Cosgrove pada tahun 1962, berdasarkan kasur yang terjadi pada tahun 1957 di desa Gumboro-Delaware, Negara bagian Amerika Serikat. Sesuai dengan asal daerah ditemukan, penyakit ini dikenal juga dengan sebutan Gumboro.

Baca: Mengenal Karakteristik Kambing Saanen (Capra aegagrus hircus)

Penyebaran penyakit ini melalui air minum, kontak langsung, pakan, peralatan dan udara yang tercemar. Penyakit ini menyerang pada berbagai unggas, seperti ayam Bangkok, ayam broiler, bebek dan sebagainya.  Penyakit ini juga merupakan penyakit menular akut dan tidak ada obatnya, namun dapat diatasi dengan obat herbal maupun obat kimia.

Gejala Terserang Penyakit Gumboro Pada Ayam

Adapun gejala atau ciri-ciri ayam terserang penyakit gumboro, antara lain:

  1. Kurang nafsu makan
  2. Ayam menjadi lesu, atau tidak agresif
  3. Terjadi peradangan di bagian dubur.
  4. Mencret putih serta berlendir.
  5. Suhu tubuh badan ayam akan tidak stabil.
Cara Mengobati Penyakit Gumboro Ayam

Berikut ini cara mengatasi dan mengobati penyakit gumboro pada ayam, sebagai berikut:

1. Melakukan Brooding

Brooding atau induk Buatan adalah salah satu alat yang dipakai untuk penghangat DOC atau DOD. Dalam hal ini brooding bisa juga digunakan untuk mengobati ayam terserang penyakit gumboro, namun pengobatan ini hanya dapat dilakukan ketika ayam atau unggas lainnya berusia dibawah satu bulan (baca juga: Cara Mengobati Penyakit Kaki Bengkak Burung Kacer).

2. menggunakan Antibiotikg

Penyakit Gumboro adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, jadi dengan memberkan obat antibiotic dapat menyembuhkan penyakit ini. Ada beberapa obat yang bisa digunakan diantaranya adalah Doxcilin dan Ampicilin. Berikan obat tersebut sesuai dengan dosis dan petunjuk yang tertulis di kemasan tersebut.

3. Menggunakan Obat Herbal

Obat Herbal yang harus diberikan bila memiliki tanda-tanda atau cirri-ciri diatas terdiri dari gula merah sebanyak 100 gram, kunyit 100 gram, lempuyang 100 gram dan air sebanyak 1 liter. Ramuan herbal tersebut bisa dicampurkan dan digunakan selama 7 hari berturut-turut.

4. Mengunakan Obat Kimiawi

Obat kimia ini hampir sama dengan obat antibiotic, namun memiliki peran yang lebih efektif dalam upaya pencegaham. Biasanya menggunakan obat-obatan, seperti Vaksinobilis, Delvax gumboro dan Bursavac (baca juga: Pengendalian Hama dan Penyakit Ayam Petelur ).

5. Pencegahan Penyakit Gumboro

Ada beberapa upaya pencehan penyakit gumboro, agar unggas tidak mudah terserang oleh penyakit ini antara lain:

  • Melakukan sanitasi area peternakan dengan menyemprotkan larutan disinfektan.
  • Melakukan vaksinasi pada ayam yang berusia 7-9 hari, bertujuan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dan menghindari beberapa penyakit yang akan menyerang.
  • Menjaga kebersihan kandang, pakan, minum dan peralatan kandang dengan teratur.
  • Memberikan multivitamin atau vitamin tambahan agar dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh dan mempercepat pertumbuhan.

Baca juga:

Demikianlah ulasan tentang 5 Cara Ampuh Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat serta menambah wawasan anda dalam mengatasi dan mengobati penyakit gumboro serta mengantisipasi penyakit gumboro. Jangan Lupa Like, dan Share. TERIMA KASIH.

5 Cara Ampuh Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99