17 Ciri – Ciri Burung Kenari Mau Bertelur

Ilmupeternakan.web.id |17 Ciri – Ciri Burung Kenari Mau Bertelur – Peternak burung merupakan prospek yang sangat menjanjikan, dalam pemeliharaan hal yang sangat penting adalah mengetahui kapan burung peliharaannya bertelur. Dengan mengetahui, kapan burung akan bertelur maka perlu melakukan beberapa persiapan seperti, makanan, kandang, perawatan dan sebagainya untuk memudahkan dalam pemeliharaan.

Baca: Cara Ternak Burung Kenari Untuk Pemula

Untuk dapat memberikan kualitas telur yang baik harus melakukan persiapan yang baik juga, agar telur menetas dengan baik tidak busuk, pecah atau lainnya. Untuk itu, peternak burung harus mengetahui ciri –ciri burung kenari yang mau bertelur, antara lain;

1. Burung Kenari Betina Lebih Gelisa

Ketika burung kenari mau bertelur, dipastikan akan memiliki  perubahan  fisik atau lainnya. Perubahan fisik, ditandai dengan  perubahan bentuk tubuh, warna, atau penambahan bobot badan.  Perubahan tersebut membuat burung kenari betina akan cenderung gelisah dibanding biasanya. Misalnya, mondar-mandir dalam kandang, atau terbang tidak jelas dan selalu kicau.

2. Mengumpulkan Jerami

Burung kenari yang mau bertelur, juga akan memiliki sifat yang cenderung akan sering mengumpulkan jerami untuk membuat sangkar pengeraman dan penetasan telur. Hal tersebut bertujuan untuk membuat kehangatan, kenyaman untuk telur yang akan ditetaskan oleh induk betina.

3. Berkurangnya Aktivitas Gerak

Burung kenari betina yang ingin bertelur, akan terlihat tidak melakukan aktivitas gerak yang di lakukan biasanya. Penurunan aktivitas ini akan tampak, seperti berkurangnya aktivitas terbang, berlarian dan sebagainya.

4. Nafsu Makan Berkurang

 Burung kenari betina yang ingin bertelur, akan memiliki penurunan nafsu makan yang akan terlihat dalam penyantapan pakan yang diberikan. Walaupun ciri ini bukan ciri yang utama, dan bisa jarang terjadi, akan tetapi ini bisa menjadikan salah satu indikator bahwa burung kenari akan bertelur.

5. Perut Membesar

Buurng kenari betina yang ingin bertelur, jika sering dilakukan pengamatan seiring waktu akan tampak perubahan ukuran perut berbeda dari biasanya. Burung kenari yang akan bertelur akan memiliki perut yang tampak besar.

6. Menolak Untuk Kawin Kembali

Salah satu ciri burung kenari ingin bertelur adalah usaha untuk menolak perkawinan yang ingin dilakukan burung jantan. Hal tersebut dikarenakan di dalam perut betina sudah terdapat benih/telur dan sudah tidak mengalami birahi sehingga tidak ingin dikawini oleh burung kenari jantan.

7. Mencari Tempat Yang Aman

Salah satu ciri burung kenari ingin bertelur adalah indukan betina mencari tempat aman untuk melindungi telur atau anakan yang akan ditetaskan. Oleh sebab itu, burung kenari betina mencari tempat aman untuk menelurkan telur yang ada didalam perutnya.

8. Mencari Tempat Hangat

Salah satu ciri burung kenari ingin bertelur adalah indukan betina mempersiapkan pengeraman yang hangat dan nyaman sehingga akan mempermudahkan dalam peneluran, penetasan anakan yang akan ditetaskan. Oleh sebab itu, burung kenari mencari tempat hangat dan aman untuk menetaskan telur agar suhu tubuh anakan yang ditetaskan tetap dalam keadaan hangat.

9. Bersifat Lebih Agresif

Ciri lain burung kenari ingin bertelur adalah meningkatnya  agresivitas yang dimiliki pada lingkungan sekitar atau sesama jenis burung. Perubahan ini merupakan ciri kenari ingin bertelur, yang selalu berprilaku hati-hati guna untuk mengeluarkan telur, dan menetaskan telur.

10. Dikejar-kejar Bvurung Jantan  (Sudah Melalui Masa Giring)

Ciri burung kenari ingin bertelur adalah sudah melalui masa giring sebelumnya. Masa giring adalah masa ketika burung jantan mengejar burung betina untuk melakukan perkawinan tetapi sebelumnya sudah melakukan perkawinan. Biasanya tidak lama setelah masa giring burung kenarin betina akan mengeluarkan telurnya. Tetapi bisa jadi setelah masa giring burung kenari betina masih ingin melakukan perkawinan sehingga dia akan bertelur setelah masa perkawinan yang kedua.

Adapun Ciri-Ciri Lain Burung Kenari Ingin Bertelur;

  • Menyerang lingkungan sekitar bila tidak ada tempat yang cocok untuk bertelur
  • Menyerang binatang atau tangan manusia yang berusaha untuk menyakiti atau menjahilinya.
  • Lebih waspada dan selalu berhati-hati terhadap lingkungan.
  • Lebih sering duduk dan tampak diam di kandang.
  • Tidak mau terbang, khususnya burung kenari betina yang sulit mengeluarkan telur.
  • Mengalami konstipasi, khusunya burung kenari betina yang sulit mengeluarkan telur.
  • Terlihat seperti sakit, khusunya burung kenari yang sulit mengeluarkan telur.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 17 Ciri – Ciri Burung Kenari Mau Bertelur . Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat serta menambah wawasan anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *