17 Cara Beternak Bebek Peking Bagi Pemula

17 Cara Beternak Bebek Peking Bagi Pemula Ternak Bebek peking merupakan salah satu jenis usaha peternakan yang memiliki prospek yang menjanjikan di masa akan datang. Karena tingginya permintaan pasar setiap harinya dan kandungan gizi yang cukup tinggi.

Baca: Mengenal Karakteristik Domba Ekor Gemuk (Javanesa Fat Tailed)

Bebek peking ini dikenal dengan bebek pedaging (potong), yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dibandingkan dengan bebek lainnya. Sehingga sangat direkomendasikan untuk beternak atau budidaya bebek peking ini. Bila anda masih pemula, berikut kami ingin membagikan cara ternak bebek peking agar cepat besar dengan cara yang mudah dan dapat diterapkan oleh kesemua orang.

1. Pemilihan Bibit DOD

Pilihlah bibit DOD yang unggul dan berkualitas, dengan memiliki ciri-ciri, yaitu agresif, lincah, sehat, tidak cacat, kaki kokoh dan bebas dari penyakit (Baca juga: Ciri-Ciri DOD Bebek Yang Baik dan Berkualitas )

2. Pemeliharan Bibit

Bibit bebek peking yang baru datang, sebaik dilakukan perawatan terlebih dahulu bertujuan agar ternak bebek peking tidak muda mati, tidak stress dan mudah untuk adaptasi ke lingkungan baru. Perawatan dapat dilakukan dengan cara memasukan kedalam kandang pemeliharaan dengan membiarkan selama 2 jam dan berikan air minum yang diberi probiotik untuk menetralkan kondisi tubuh dan suasana.

3. Persiapan Kandang

Kandang Bibit DOD yang baru datang sebaiknya berukuran 1×3 meter untuk 100 ekor bebek, bila sudah besar bebek bisa di letakan dikandang ini juga.

4. Berikan Penghangat

Bibit peking yang baru datang sebaiknya juga berikan lampu penghangat dengan 40 watt pada malam pagi dan malam hari, bertujuan untuk sebagai penganti indukan dimana anakan bebek membutuhkan penghangat untuk kesehatan tubuh.

5. Seleksi Ulang

Bibit DOD yang baru datang sebaiknya dilakukan seleksi ulang untuk menentukan keunggulan dan kualitas bebek peking yang akan dihasilkan. Pilihlah bibit peking dengan ukuran yang sama rata, lincah dan nafsu makan tinggi.

6. Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk DOD biasanya dapat dilakukan ketika DOD sudah berumur 3-4 hari baru bisa diberikan pakan berupa kuning telur, kemudian pakan pabrik berupa poer atau konsentrat ringgan sehingga pencernaan bibit tidak terganggu.

7. Pemberian Multivitamin

Pada fase pembibitan DOD pemberian vitamin sangatlah penting dilakukan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bebek peking cepat berkembang dan tumbuh besar.

8. Pengendalian Hama

Hama yang sering menyerang pada DOD biasanya, kodok, ular, dan binatang lainnnya. Untuk pengendaliannya sebaiknya membuat pagar dari jaring atau bambu agar binatang lainnya tidak mudah masuk.

9. Pengendalian Penyakit

Penyakit yang sering menyerang pada DOD, yaitu White eye, colera, Salmonellosis, Sinustis, dan sebagainya. Untuk pengendaliannya hanya menggunakan antibiotic yang diaplikasikan dengan mencampurkan ke air minum.

10. Fase Pembesaran

Ketika bebek peking sudah berumur 20 -25 hari, lakukan pemindahan bebek sesuai dengan ukuran atau bobot badan untuk menghindari kekurangan pakan akibat kekalahan dalam penyerobatan makanan.

11. Sistem Pemeliharaan

Sistem pemeliharaan bebek peking dalam fase pembesaran, sebaiknya dilakukan secara intensif yaitu system pemeliharan yang dilakukan didalam kandang, baik pemberian pakan atau tanpa melepaskan bebek peking didaerahnya.

12. Sistem Kandang

Kandang yang baik dalam system pembesaran bebek peking adalah kandang ranch, yaitu  jenis kandang yang ada untuk tempak ternakan dan tempat untuk umbaran. Kandang ini dilengkapi dengan kolam kecil yang berguna sebagai tempat mandi dan membersihkan kotoran. Selain itu juga berguna untuk mengatur suhu tubuh bebek.

13. Pemberian Pakan

Pemberian pakan bebek peking fase pembesaran dapat dilakukan dengan memberikan pakan olahan ataupun pabrik. Biasanya pakan olahan berupa dari sayuran, rebusan keladi, singkong, dan sebagainya, sedangkan pakan pabrik berupa poer atau konsentrat. Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari (Baca juga: Cara Membuat Pakan Fermentasi Bebek dari Batang Pisang)

).

14. Memperhatikan Kesehatan

Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan ternak bebek peking, perhatikan tingkat kesehatan berdasarkan ciri-ciri fisik atau fisiologi dari ternak bebek. Jika mengalami gangguan atau terserang penyakit lakukan tindakan dengan cara mengisolasinya terlebih dahulu.

15. Menjaga Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang merupakan cara untuk menghindari serangan berbagai macam penyakit. Sebaiknya kebersihan kandang ini dilakukan secara teratur.

16. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit pada fase pembesaran sangatlah harus dilakukan untuk mencegah angka kematian dan juga kegagalan. Biasanya pengendalian dapat dilakukan dengan menyemprot larutan insektisida, bakterisida dan fungisida diberbagai area ternak bebek. Selain itu, juga memberikan asupan nutrisi berupa vitamin dan antibiotic.

17. Panen

Panen bebek peking bisa dilakukan pada umur 40-45 hari, dengan bobot badan 1,5-1,8 kg. pemanenan dapat dilakukan secara seleksi sesuai bobot yang diinginkan oleh pasar atau permintaan konsumen.

Baca juga:

Demikianlah ulasan tentang 17 Cara Beternak Bebek Peking Bagi Pemula. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, serta menambah wawasan anda. Jangan lupa Share dan Like. TERIMA KASIH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *