15 Cara Mengatasi Penyakit Flu Burung Pada Ayam

15 Cara Mengatasi Penyakit Flu Burung Pada Ayam Penyakit Flu Burung merupakan salah satu penyakit mematikan yang sudah dikenal sejak tahun 2003 silam, dari beberapa kasus penyakit menyebabkan banyak ternak mati, terutamanya ternak unggas seperti ayam (ayam Bangkok, ayam buras, broiler dan sebagai), bebek, itik, angsa dan sebagainya.

Baca: 5 Cara Ampuh Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Penyakit ini bukan hanya menyebar di Asia saja, melainkan juga menyebar di Eropa dan Afrika. Penyakit ini dikenal dengan sebutan Avian Influenza (AI),  tipe yang sering menyerang unggas adaah tipe A yaitu penyakit H5N1. Penularan bisa dilakukan secara kontak langsung, pakan, tempat minum, peralatan dan juga petugas ternak. Jika anda peternak, untuk mencegah dan memusnahkan penyakit flu burung ini dengan cepat. Berikut 15 cara mengatasi penyakit flu burung pada ayam.

1. Menjauhkan Ayam Yang Dari Media Penularan

Jauhkan ayam yang terserang dari media penularan, berupa kotoran, peralatan, tempat pakan dan minum serta transportasi yang sudah terkontaminasi.

2. Mengisolasi Ayam Yang Terserang Flu Burung

Jauhkan atau pindahkan ayam yang terserang penyakit flu burung, bertujuan agar tidak menular ternak ayam lainnya.

3. Pahami Gejala Klinis

Sebelum dilakukan hal diatas, pahami terlebih gejala klinis yang dtitimbulkan oleh penyakit burung, berupa;

  • Adanya cairan pada mata dan hidung (gangguan pernafasan)
  • Jengger dan pial akan membengkak serta tampak berwarna kebiruan
  • Lebih cendrung diam atau tidak aktif
  • Pendarahan pada kaki, berupa bintik merah
  • Tingkat kematian sangat tinggi mendekati 100% (dalam kurung waktu 2 hari, maksimal 1 minggu)
4. Pengobatan dengan Ramuan Herbal (Alami)

Pengobatan ayam terkena penyakit flu burung hingga saat ini belum ada yang bisa diobati sembuh secara total. Namun dapat dicegah atau dihentikan ketika gejala belum akut sehingga penyakit flu burung pada ayam tidak berlanjut ketahap yang lebih parah. Untuk itu, bisa menggunakan obat alami atau herbal dari berbagai macam tanaman, seperti;

  • Kunyit
  • Temulawak
  • Bawang putih
  • Daun pepayah
  • Dll

Tanaman tersebut di tumbuk atau diblender hingga halus dan berikan air sedikit serta tambahkan teluh puyuh (jika ada) dan minumkan sehari dua kali sehingga ayam akan fit dan nafsu makan bertambah.

5. Menggunakan Kunyit

Dilakukan sama seperti diatas, kunyit ini memiliki kandungan kurmin yang tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan dan anti mun berguna juga  sebagai anti peradangan pada ternak ayam (baca juga mengenai pengendalian hama dan penyakit ayam petelur ).

6. Menggunakan Bawang Putih

Ramuan bawang putih memiliki kandungan anti biotic yang tinggi sehingga sangat membantu melawan penyakit flu burung. Bawang putih ini sangat banyak digunakan untuk mengobati penyakit flu burung karena memiliki khasiat yang baik.

7. Menggunakan Bubuk Cabai

Bubuk cabai juga sangat efektif digunakan sebagai obat alternative untuk mengatasi penyakit flu burung. Kandungan didalam bubuk cabai akan membantu menghilangkan racun dan meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga sangat baik diberika setiap hari.

8. Menggunakan Astragalus

Astragalus merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, terutamanya masyarakat Tiongkok. Tanaman ini dapat meningkatkan sel darah dan melawan penyakit flu burung secara efektif.

9. Menggunakan Echinacea

Echinacea adalah salah satu obat flu burung alami herbal yang berasal dari Amerika serikat, yang berguna untuk membersihkan darah dan dapat juga meningkatkan system kekebalan tubuh ternak ayam. Herbal ini banyak digunakan sebagai kandungan jamu anti flu atau flu burung pada ayam.

10. Menggunakan Forysthia

Forysthia ini adalah satu obat herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi flu burung. Hal ini dilakukan dengan menambahkan lemon sehingga akan memperkuat system kekebaan tubuh ayam (baca juga mengenai cara mengobati penyakit CRD pada ayam).

11.Menggunakan Minyak Oregano dan Kamperfuli

Kedua ramuan sangat efektif untuk membunuh bakteri atau virus yang terdapat dalam tubuh ayam. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai antibiotic alami untuk mencegah perkembangan atau penyebaran flu burung pada ayam.

12. Menggunakan Ekstrak Daun Zaitun

Kandungan yang terdapat pada daun zaitun, berupa anti bakteri sangat bermanfaat untuk memperkuat system kekebalan tubuh. Selain itu, daun ini juga membantu system limfatik untuk melawan penyakit flu burung pada ayam.

13. Pemusnahan Ayam Terserang

Bila ayam terserang dalam jumlah besar dan juga mengalami kematian sebaiknya lakukan pemusnahan dengan dua cara yaitu, menguburkan ayam yang mati dan juga membakar ayam yang mati hingga habis.

14. Melakukan Vaksinasi Secara Teratur

Vaksinasi memang sangat baik digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi secara teratur sebelum mulainya penyebaran penyakit flu burung.

15. Perlunya Pertolongan Dokter Hewan

Ada beberapa hal yang harus dilakukan, untuk mengatasi penyakit flu burung menurut beberapa dokter hewan, yaitu:

  • Melakukan biosekurity
  • Depopulasi
  • Pengendalian lalulintas keluar masuk ternak ayam
  • Surveilans dan penulusuran
  • Pengisian kandang kembali
  • Stramping out
  • Monitoring dan evaluasi
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan ternak ayam.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 15 Cara Mengatasi Penyakit Flu Burung Pada Ayam. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih. Jangan Lupa Share, Like dan Komen. TERIMA KASIH.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *