13 Hal Yang Harus dilakukan Ketika DOC Baru Datang

By On Jumat, Februari 1st, 2019 Categories : Ayam, Peternakan

13 Hal Yang Harus dilakukan Ketika DOC Baru Datang – DOC (Day Old Chicken) atau dapat diartikan ayam berumur satu hari, yang baru datang harus segera ditangani dengan tepat dan juga benar. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kematian atau abnormalitas terhadap ayam tersebut.

Baca: Ciri-Ciri DOC Ayam Yang Baik dan Berkualitas

Biasanya anak ayam yang baru datang akan mengalami tingkat stress relative tinggi, Karena dalam perjalanan mengalami benturan, hentakan, atau lainnya sehingga dapat menyebabkan stress. Untuk itu, anda harus segera menanggani dengan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

1. Penimbangan DOC

Pertama hal yang harus dilakukan adalah penimbangan, rata-rata berat yang dihasilkan berkisar 40-50 gram atau juga 60%-68% dari berat telur yang ditetaskan.

2. Penghitungan DOC

Kedua hal yang harus dilakukan adalah penghitungan, biasanya dalam satu boxs berisi 100-102.

3. Penyeleksian DOC

Ketiga yang harus dilakukan adalah seleksi, karena seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan DOC yang bagus dan berkualitas. Dalam penyeleksian ini harus dilakukan dengan tepat dan benar, pilihlah DOC sehat, tidak cacat, lincah dan memiliki nafsu makan tinggi.

4. Masukan DOC ke Brooding (tempat penghangat)

Brooding adalah dimana anak ayam membutuhkan tempat yang hangat, baik itu indukan maaupun buatan.  Suhu optimalnya adalah 32-33 derajat celcius, dengan kelembaban 30-50%.

5. Berikan Minum Air Gula 2-5 %

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memberikan air minum (air gula). Pemberian air minum biasanya hanya di berikan 2%-5% pada DOC yang baru datang, untuk menghindari stress, dehidrasi, dan memberikan energy DOC agar tidak lemas.

6. Jangan Berikan Pakan dan Ransum

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memberikan pakan dan ransum sedikit demi sedikit untuk melatih pencernaan DOC. Biasanya pemberian pakan untuk DOC yang baru datang tidak disarankan, namun bisa dilakukan hanya dengan memberikan sedikit saja.

7. Perhatikan DOC Secara Detail

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memperhatikan DOC secara detail, seperti nafsu makan, gerakan, dan bahkan kesehatan. Bila mengalami gangguan lakukan pemisahan atau isolahan DOC yang terserang.

8.Pelebaran Brooding

Jika anak ayam sudah berumur 3 hari lakukan pelebaran sekat brooding, hal tersebut untuk menghindari pemadatan anak ayam. Lakukan setiap 2-3 kali sekali.

9.Vaksinasi

Jika umur ayam 4 hari lakukan vaksinasi ND, dengan dosis yang di anjurkan.

Adapun tambahan, manajemen pemeliharaan yang baik dan benar di mulai dari persiapan kandang sebelum DOC datang, yaitu:

  1. Awali dengan membersihkan feses dan desinfeksi kandang dengan gavprotec.
  2. Tiga hari sebelum datang, pasang litter (alas kandang) dengan ketebalan 7-8 cm, sebelum di desinfeksi.
  3. Siapkan Gas Broder atau Gasolec, dan pasangh TMA dan NRDOC.
  4. Saat 1-3 sebelum DOC datang, Gasolec sudah dinyalakan dan siapkan air minum ditambah gula 2-5% serta Gavin E untuk mempercepat pemulihan.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 13 Hal Yang Harus dilakukan Ketika DOC Baru Datang. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

13 Hal Yang Harus dilakukan Ketika DOC Baru Datang | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99