12 Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli Yang Harus Diketahui

By On Minggu, Februari 10th, 2019 Categories : Ayam, Peternakan, Tips Ternak

12 Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli Yang Harus DiketahuiAyam cemani atau ayam kedua merupakan sala satu jenis ras ayam lokal yang awalnya banyak dikembangkan di wilayah Kedu, Desa Kedu, Kecamatan Temanggung dan Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Magelang.

Baca: 7 Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Ayam ini sangat dikenal dan populer karena memiliki warna hitam pada sebagian tubuh, dan banyak pula dimanfaat untuk hewan ritual. Sehingga banyak sekali yang beternak ayam cemani atau yang membelinya guna untuk mengkoleksi karena keunikan dari warna ayam tersebut. Sebelum membeli atau beternak ayam cemani, sebaiknya terkebih dahulu mengetahui ciri-ciri ayam cemani asli dan palsu, antara lain:

1. Kepala

Kepala ayam cemani berbentuk bulat memanjang, ketika berumur 7-8 hari. Namun bila ayam cemani berumur 6 bulan sampai 1 tahun berbentuk bulat dan dilengkapi dengan jengger, paruh dan lidah dan sebagainya. Dominan kepala memiliki warna hitam pekat, sepeerti arang.

2. Mata

Mata ayam cemani memiliki bentuk bulat dan beriamter sekitar 2-3 mm, tergantung umur. Mata ayam cemani memiliki warna hitam dan area mata juga berwarna hitam.

3.Paruh

Paruh ayam cemani memiliki warna hitam dan agak putih di bagian pangkal ujung, karena ayam cemani sering mematuk pakan sehingga warna bagian pangkal ujung pudar.

4. Jengger Atas

Jengger bagian atas pada ayam cemani juga memiliki warna hitam, namun dengan seiringinnya waktu dan bertambah umur jengger bagian atas akan mulai mudar berwarna kemerahan.

5. Jengger Bawah

Jengger bagian bawah pada ayam cemani, yang terdapat di dekat leher ini memiliki warna hitam. Hal ini sama dengan jengger bagian atas, akan mudar seiring waktu dan bertambahnya umur berwarna kemerahan.

6. Bulu

Bulu ayam cemani memiliki warna hitam dominan, namun tingkat keaslian biasanya tidak ada sedikitpun warna yang berbeda di setiap bulu yang dihasilkan ayam tersebut.

7. Kulit dan Ketiak

Kulit dan ketiak ayam cemani asli, biasanya berwarna hitam. Sudah dipastikan bila ayam cemani palsu akan menghasilkan ketiak dan kulit berwarna seperti ayam biasa lainnya.

8. Dubur

Dubur ayam cemani yang asli biasanya memiliki warna yang tidak hitam, seperti yang digosipkan. Melainkan dubur ayam cemani asli memiliki dubur seperti ayam lainnya.

9. Kaki

Kaki ayam cemani memiliki warna hitam tidak pekat atau agak kusam, dikarenakan sisik pada kaki ayam sering ditemukan kering sehingga memiliki warna hitam agak putih.

10. Tenggorokan

Tenggorokan ayam cemani asli tetap berwarna hitam, dengan panjang sama seperti ayam kampong. Bagian hitam ini juga terdapat dibagian dalam walaupun tidak secerah dibandingkan bagian luar.

11. Lidah

Lidah ayam cemani berwarna abu-abu atau terkadang berwarna putih. Tetapi ada juga beberapa lida ayam cemani berwarna hitam.

12. Darah

Menurut beberapa peternak ayam cemani darah ayam cemani memiliki darah merah, belum sampai saat ini menemukan ayam cemani memiliki darah hitam.walaupun sudah dilakukan percobaan dengan memberikan pakan ayam cemani dengan beras hitam, kluwak dan lainnya.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 12 Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli Yang Harus Diketahui. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, serta memberikan wawasan anda mengenai ayam cemani. Terima kasih.

12 Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli Yang Harus Diketahui | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99