12 Cara Sukses Ternak Ayam Arab Petelur Bagi Pemula

12 Cara Sukses Ternak Ayam Arab Petelur Bagi PemulaBeternak ayam arab merupakan salah satu peluang usaha peternakan yang sangat menarik dan juga menguntungkan, terutamanya ternak ayam petelur.

Baca: 12 Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli Yang Harus Diketahui

Meskipun masih sedikit yang budidaya atau beternak ayam arab petelur, namun permintaan pembeli masih cukup tinggi. Beternak ayam arab bisa dilakukan dalam skala kecil ataupun rumahan. Bila anda masih pemula untuk ternak ayam arab petelur skala kecil dan rumahan, untuk itu perhatikan langkah-langka  ternak ayam arab petelur dibawah ini.

1. Analisis Usaha

Analisa usaha peternak ayam arab petelur sangat penting dilakukan, untuk mengetahui target dan keuntungan yang akan diproleh. Misalnya analisa modal utama, analisa peralatan, dan juga analisa pengeluaran.  Dengan begitu akan mempermudah untuk melakukan pengembangan atau beternak ayam arab petelur dengan mudah. Biasanya modalnya utama bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil atau besar tergantung badget yang dimiliki.

2. Memilih Bibit Unggul

Bibit ayam arab petelur yang unggul dan berkualitas sangat menentukan hasil yang akan di proleh, pilihlah bibit ayam yang unggul, seperti tidak cacat, gerakan lincah, nafsu makan tinggi, bentuk fisik sempurna, dan tidak dalam terserang penyakit.

3. Pembuatan Kandang

Kandang ayam arab petelur harus dibuat menghadap ke barat atau timur, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan udara yang baik dan sinar matahari yang baik. Agar ayam arab dapat menghasilkan telur yang berkualitas, peternak harus mempersiapkan 3 kandang, yaitu Box Indukan, Kandang pembesaran dan kandang produksi telur.

4. Proses Pemeliharaan

Untuk menghasilkan telur dan produksi yang baik, sebaiknya peternak melakukan pemeliharaan yang baik, seperti menjaga kebersihan kandang (tempat pakan), menyemprotkan larutan insektisida atau bakterisia secara berskala, dan menjaga kesehatan ayam arab petelur.

5. Pemberian Pakan

Pemberian pakan ini masuk dalam proses pemeliharaan, perhatikan kualitas dan nutrisi pakan yang akan diberikan oleh ayam arab petelur. Hal tersebut sangat membantu untuk meningkatkan hasil produksi telur. Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali dalam sehari, pada pagi dan siang hari dengan ukuran 80-90 gram/hari untuk masing-masing ayam.

6. Jenis Pakan yang Diberikan

Jenis pakan yang diberikan dalam beternak ayam arab petelur cara intensif ini,  yaitu harus memiliki kandungan protein sekitar 16%-18%, sehingga kandungan tersebut dapat memenuhi asupan protein yang membantu meningkatkan produksi ayam arab petelur. Biasanya memberikan pakan yang terbuat dari sayuran dan umbi-umbian, sedangkan pakan buatan berbentuk voor atau dedak.

7. Perhatikan Kualitas Telur

Memperhatikan kualitas telur ayam bagus atau tidak, ini merupakan hal yang harus dilakukan peternak dalam menseleksi ayam maupun telur yang dihasilkan. Dan juga bertujuan untuk mengetahui, bahwa ayam arab tersebut memerlukan kandungan nutrisi tambahan dan proses pemeliharaan yang khusus, berguna untuk memperbaiki kondisi telur yang dihasilkan.

8. Pengendalian Penyakit

Pengendalian penyakit ini sangat penting dilakukan untuk menghambat penyebarluasan penyakit yang menyerang ayam arab petelur. Pengendalian tersebut, bisa dilakukan dengan melakukan vaksinasi terhadap ayam arab petelur yang belum terkontaminasi atau terserang penyakit.

9. Jenis Vaksin

jenis vaksin yang diberikan untuk pencegahan virus, seperti Newscastel diseases (ND), Gumboro, Infektius bronchitis, Egg drop syndrome (Eds 76), Avian Influenza (flu burung) dan Mare’k  Fowl fols. Beberapa jenis vaksin bukan untuk virus, seperti Coriza, Kolera dan Koksidiosis.

10. Faktor Keberhasilan Vaksin

Factor keberhasilan vaksin ditentukan oleh, alat yang digunakan aman, vaksin aman dan penangananan serta cara pencampuran vaksin yang digunakan tepat dan benar, sehingga akan dapat menentukan tingkat keberhasilan yang tinggi.

11. Metode vaksinasi

Cara vaksinasi dapat dilakukan dengan cara suntik (injeksi), tetes ( tetes mata atau mulut) dan air minum.

12. Pemanenan Telur

Pemanenan telur ini dapat dilakukan dengan cara manual, yaitu melakukannya secara bertahap dengan menggunakan tangan, kemudian memasukan kedalam box telur. Dalam pemanenan ini harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu, berdasarkan ukuran, bentuk dan kualitas telur yang dihasilkan.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 12 Cara Sukses Ternak Ayam Arab Petelur Bagi Pemula. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. TERIMA KASIH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *