10 Cara Merawat Anakan Merpati Agar Cepat Besar dan Terbang

By On Selasa, Februari 5th, 2019 Categories : Burung, Peternakan

10 Cara Merawat Anakan Merpati Agar Cepat Besar dan TerbangPiyik merpati (anakan merpati) yang barus menetas harus segera di lakukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat dan benar. Jika tidak piyik merpati akan mati, dan juga mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Baca: 10 Cara Memilih Bibit Ikan Nila Bagus dan Cepat Besar

Merawat piyik merpati memang terlihat sangat muda, namun bagi beberapa peternak akan sangat menyulitkan sehingga anakan burung merpati mudah mati dengan cepat. Berikut ini kami akan membantu cara merawat anakan burung merpati agar cepat besar dan terbang dengan baik.

1. Pisahkan Induk Betina

Hal pertama yang harus dilakukan setelah fase penetasan adalah memisahkan induk betina kekandang lain, namun pejantan tetap berada di kandang. Hal tersebut karena induk betina, agar bisa mengerami dan bertelur kembali di kandang lainnya.

2. Buatlah Sangkar Dengan Baik

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam merawat anak merpati adalah sangkar. Buatlah sangkar atau perbaiki sangkar yang dibuat oleh indukan yang lebih tebal atau terlapisi oleh jerami atau rumput kering agar lebih hangat untuk anakan merpati.

3. Menjaga Suhu Sangkar Tetap Hangat

Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam merawat anak merpatai adalah menjaga suhu sangkar agar tetap hangat. Oleh karena itu, anda sebaiknya meletakan thermometer kedalam kandang area anakan merpati.

4. Menghindari Kontak Sinar Matahari Secara Langsung

Hal Keempat yang harus diperhatikan dalam merawat anakan merpati adalah menghindari kontak langsung sinar matahari. Hindari kandang atau sangkar dari paparan secara langsung, karena anakan belum memiliki bulu dan memiliki permukaan tubuh yang relative besar terhadap bereat badannya.

5. Menghindari Ketidaknyamanan Anakan Burung

Hal kelima yang harus diperhatikan dalam merawat anak merpati adealah menciptakan kenyamanan anak merpati. Biasanya letakan kandang yang jauh dari keramaian, jauhkan dari burung atau binatang lainnya dan menjaga kebersihan kandang.

6. Mancatat Perkembangan Anak Merpati

Hal keenam yang harus diperhatikan dalam merawat anak merpati adalah memantau perkembangan dengan cara mencatatan. Menimbang berat badan dan memastikan bahwa anakan merpati memiliki berat serta perkembangan yang meningkat.

7. Membiarkan Anakan belajar Terbang

Hal ketujuh yang harus diperhatikan dalam merawat anak merpati adalah membiarkan anakan terbang di kandang, namun sebaiknya berilah kandang besar untuk agar anakan merpati dapat belar terbang dengan baik. Biasanya burung belajar terbang selama 5-15 hari.

8. Cara Pemberian Pakan

Hal kedelapan yang harus diperhatikan dalam merawat merparti  adalah cara  pemberian pakan anak merpati, biasanya pemberian pakan bisa dilakukan setelah 10-15 hari setelah penetasan. Untuk 0-10 hari, pemberian pakan terhadap anakan diberikan langsung oleh induknya. cara pemberian pakan, biasanya disuapin atau dilolohin dengan cara manual sedikit demi-sedikit. Pemberian pakan ini dilakukan 2 kali dalam sehari pada pagi hari dan sorte hari.

9. Jenis Pakan yang diberikan

Hal kesembilan yang harus diperhatikan dalam merawat anak merpati adalah jenis pakan yang diberikan. Biasanya memnberikan pakandengan kandungan tinggi seperti millet (campuran beras merah dengan jagung, kacang tanah, kedelai, kacang hijau dan juga pellet burung yang dilembutkan dengan air).

10. Pemberian Antibiotik dan Suplemen

Hal kesepuluh yang harus diperhatikan dalam merawat anakan merpati adalah pemberian antibiotic yang dapat diterapkan pada air minum maupun mencampurkan ke pakan. Pemberian antibiotic ini biasanya ketika umur anakan  merpati 3-4 minggu. Sedangkan, suplemen pemberian pakan bisa dilakukan 1 minggu 1 kali atau 2 kali, yang bertjuan untuk meningkatkan nafsu makan, mempercepat pertumbuhan dan juga mempercepat burung terbang dalam jangka pendek.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Merawat Anakan Merpati Agar Cepat Besar dan Terbang. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

 

10 Cara Merawat Anakan Merpati Agar Cepat Besar dan Terbang | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99