10 Cara Menambah Nafsu Makan Burung Murai Batu

By On Selasa, Januari 8th, 2019 Categories : Burung, Tips Ternak

10 Cara Menambah Nafsu Makan Burung Murai BatuBerkurangnya nafsu makan pada burung membuat, kualitas kicauan menurun dan bahkan kondisi burung tidak sehat. Sehingga harus segera dilakukan upaya meningkatkan nafsu makan burung murai batu dengan efektif.

Baca: 8 Cara Membedakan Bibit Kelapa Sawit Jantan dan Betina

Ada beberapa cara upaya meningkatkan nafsu makan burung murai batu, agar cepat makan atau nafsu makan, antara lain:

1. Menghindari Penggunaan Obat-Obatan

Pemilik burung biasanya membuat kesalahan, dalam penggunaan obat-obat sehingga membuat turunnya nafsu makan. Biasanya penggunaan obat-obatan yang terlalu keseringan akan membuat burung engan untuk memakan makanannya.

2. Kenali Jenis Makanan Burung Dengan Baik

Agak nafsu makan burung tetap terjaga dengan baik, sebaiknya pemiliki burung kicau mengenalai semua jenis makanan burung. Beberapa jenis makanan sehat burung, antara lain:

  • Biji-bijian
  • Milet
  • Jagung manis
  • Oats
  • Juwawut
  • Biji sawi
  • Jangkrik
  • Dan buah-bauahan

3. Memberikan Vitamin B Komplek

Vitamin B Komplek adalah jenis vitamin untuk meningkatkan nafsu makan, dan mencadangkan konsumsumsi karbohidrat sehingga menjadi energi.

4. Perhatikan Waktu Pemberian Makan

Waktu pemberian makan pada burung harus diatur dengan bai, sehingga kondisi burung akan tetap stabil. Biasanya pemberian pakan yang baik dilakukan pada pagi dan sore hari.

5.Pastikan Burung  Tidak Kekurangan Air

Burung yang dehidrasi atau kekurangan akan sangat berbahaya untuk kesehatan burung, namun juga akan menyebabkann berbagai penyakit muncul dan menurunkan nafsu makan. Pastikan air pada wadah burung tidak habis, agar burung tidak dehidrasi dan bila air sudah habis atau kotor lakukan pergantian air secara rutin.

6. Perhatikan Tanda Depresi Pada Burung

Burung yang tidak mau makan biasanya disebabkan oleh depresi atau stres, seperti keadaan kandang terlalu sempit, suara yang berlihan di areal kandang atau gangguan binatang sehingga menyebabkan nafsu makan menurun. Agar depresi hilang, lakukan perpindahan kandang di tempat aman dan nyaman sehingga nafsu makan burung akan tetap terjaga.

7. Menghindari Memberikan Makanan Tertentu

Burung adalah hewan yang snagat mudah menyukai jenis makanan tertentu, oleh sebab itu burung akan sangat sulit untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Namun ada juga jenis burung yang menyukai jenis makanan, tetapi butuh adaptasi makanan terlebih dahulu.

8. Tidak Memberikan Makanan Yang Berlebihan

Pemberian makan yang berlebihan burung akan mudah melakukan penolakan, dan bosan. Sehingga lambat laun akan membuat burung engan untuk mengkonsumsinya kembali. Dalam hal ini perlu diperhatikan dalam takaran pemberikan makan pada burung.

9. Lakukan Pembersihan Kandang Secara Teratur

Kandang Burung yang terlalu kotor, sisa makanan yang menumpuk sehingga burung tidak nyaman dan menyebabkan nafsu makan menurun. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan kandang agar tetap bersih. Bersihan 2-3 kali sehari dan semprot dengan larutan bakterisida  agar menghambat pertumbuhan atau seranggan penyakit.

10. Menggunakan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Hal ini sangat mampu mengatasi untuk meningkatkan nafsu makan burung, biasanya  menggunakan suplemen ebot vit, vitavit, oriq jaya burung, vitagrow, moncer 1 dan sebagainya.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Menambah Nafsu Makan Burung Murai Batu. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

 

10 Cara Menambah Nafsu Makan Burung Murai Batu | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99