10 Cara Memilih Bibit Ikan Nila Bagus dan Cepat Besar

By On Sabtu, Februari 2nd, 2019 Categories : Ikan, Perikanan

10 Cara Memilih Bibit Ikan Nila Bagus dan Cepat Besar Memilih benih ikan nila yang bagus, unggul dan berkualitas memang harus dilakukan upaya dalam mempercepat proses pembesaran, dan pemanenan.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberose L)

Dalam fase budidaya ikan nila memilih ikan ini memang harus dilakukan dengan tepat dan benar, namun hal tersebut sangat menyulitkan bagi para pemula yang baru memulai budidaya ikan nila. Oleh sebab itu, berikut kami akan jelaskan cara memilih bibit ikan nila bagus, unggul, berkualitas dan cepat besar dalam budidaya.

1. Ukuran Benih Ikan Nila

Benih ikan nila yang siap untuk ditebar di kolam atau wadah, biasanya memiliki badan 5-7 cm, dengan umur 80-85 hari. Pastikan ukuran tubuh yang di pilih sama rata baik jantan maupun betina.

2. Kondisi Sehat

Benih ikan yang sehat haru segera dipilih, dalam pemilihan benih atau bibit yang sehat harus dilakukan dengan detail seluruh bagian tubuh ikan nila.

3. Tidak Abnormalitas

Selain benih ikan nila yang sehat, anda harus juga memilih benih ikan nila yang tidak abnormal atau tidak cacat. Bisa dilihat dari segi sisik, ekor, tubuh dan sebagainya

4. Bebas dari Penyakit

Pilihlah benih ikan yang bebas dari penyakit apapun, hal tersebut dapat dilihat dari ciri fisik dan lakukan perbandingan dengan ikan yang lainnya.

5. Gerakan Lincah dan Agresif

Benih ikan yang baik dan berkualitas juga dapat dilihat dari gerakan yang lincah dan agresif terhadap sesama ikan nila lainnya.

6. Nafsu Makan Tinggi

Benih ikan yang baik dan berkualitas juga memiliki nafsu makan yang tingg, hal tersebut dapat dilihat dari respon saat diberi pakan.

7. Mudah Menyesuaikan Lingkungan

Benih ikan yang baik dan berkualitas dapat dilihat juga dengan mudah menyesuaian  lingkungan baru dengan cepat, dan tidak muda stress akibat transportasi yang jauh, gunjangan dan sebagainya.

8. Pertumbuhan Cepat

Benih ikan nila yang baik dan berkualitas memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dibandingkan dengan ikan nila lainnya. Hal tersebut bisa dibandingkan ikan nila yang memiliki umur yang sama.

9. Warna Ikan Lebih Cerah

Meskipun benih ikan nila belum memiliki warna yang jelas daripada ikan nila dewasa, namun benih ikan nila yang baik dan berkualitas juga dapat dilihat dengan memiliki warna yang jelas dan cerah.

10.Organ Reproduksi Tidak Abnormal

Terakhir benih ikan yang baik dan berkualitas dapat dilihat dengan melihat organ reproduksi yang sehat dan juga tidak ada kecacatan pada organ reproduksi baik betina maupun jantan.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Memilih Bibit Ikan Nila Bagus dan Cepat Besar.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

 

10 Cara Memilih Bibit Ikan Nila Bagus dan Cepat Besar | ilmupeternakan | 4.5
Link Alternatif Agen Sakong Bandar Poker Judi BandarQ itu99